Pahami Fungsi Dan Manfaat Internal Link Blog (Untuk Meningkatkan SEO)


Fungsi Dan Manfaat Internal Linking Artikel Untuk SEO – Anda pasti tau sendiri bahwa google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat sebuah situs termasuk memanfaatkan fungsi internal link..

200 faktor tersebut adalah langkah yang kita lakukan untuk optimasi seo on page dan seo off page, kedua jenis SEO tersebut harus berjalan seimbang ..

Jika anda ingin setiap artikel bisa bersaing di halaman terbaik google maka pastikan anda mengetahui fungsi internal link yang baik untuk blog..

internal link tersebut juga bisa kita gunakan untuk memperkuat pondasi blog karena salah satu fungsi internal link di blog tersebut untuk memperkuat tingkat relevansi artkel yang kita tulis

Banyak sekali forum forum Seo di luar sana yang membahas mengenai strategi untuk membangun sebuah backlink, optimasi kata kunci, teknik membuat artikel dan lain lain..

tapi yang tidak pernah di bahas dan dilupakan adalah bagaimana caranya kita memaksimalkan dan mengoptimasi sebuah internal link yang kita buat di dalam artikel..

Pembahasan saya mengenai fungsi internal link blog/website merupakan salah satu faktor yang cukup besar untuk meningkatkan peringkat blog Anda di hasil pencarian yang merupakan bagian dari seo on page..

Sebenarnya apa yang dimaksud internal link tersebut..?

Pengertian Internal Link Di Dalam Blog

Internal link adalah sebuat link atau tautan aktif yang ada di dalam artikel blog yang masih mengarah ke blog itu sendiri

Anda pasti paham lah maksud saya…

Misalnya jika Anda membaca sebuah artikel dan di dalamnya terdapat beberapa link, jika di klik link tersebut akan mengarah ke artikel lain tapi masih di blog itu sendiri maka itu yang disebut internal link..

Tapi jika link tersebut di klik dan mengarah ke blog atau website lain, maka itu disebut eksternal link..

Jangan di samakan dengan pengertian inbound link atau outbound link yaaa...itu berbeda..

Memang sebenarnya internal link dan eksternal link kelihatan sederhana sekali.

tapi jangan salah dulu, Sejak perkembangan algoritma google fred, mesin pencarian google menegaskan bahwa internal link juga sangat di perhatikan untuk menentukan tingkat kerelevanan artikel yang Anda tulis..

Link yang kita tautkan ke dalam artikel harus di perhatikan dan tidak bisa sembarangan dalam menautkannya..

Bagaimana Cara Membuat Internal Link Di Dalam Artikel Blog

Jika Anda pengguna blogspot maka untuk membuat internal link cukuplah mudah..

Anda tinggal block saja kata kata yang ingin di berikan link, lalu pilih Link yang ada di menu atas..

lihat gambar jelasnya


Selanjutnya Anda paste link alamat artikel yang ingin Anda tautkan ke artikel tersebut..



Setelah mengetahui pengertian dan cara membuat internal link..

Yang jadi masalah adalah bagaimana cara membuat internal link yang benar benar memberikan peningkatan kinerja situs Anda..

Karena internal link (link yang ada didalam artikel) dan anchor text (kata kata yang di berikan link) masih ada kaitannya untuk meningkatkan kualitas blog..

Jika Anda ingin membuat internal link di dalam artikel, pastikan link yang Anda tautkan adalah link artikel yang memang benar benar mempunyai hubungan dengan artikel yang Anda buat..

Sebagai contoh misalkan Anda mempunyai artikel tentang kucing, tikus, dan kucing vs tikus..



hubungkan semua artikel tersebut satu sama lain seperti gambar di atas..
Artikel Tikus ---link ke---Artikel kucing dan Artikel kucing vs tikus
Artikel Kucing---link ke---Artikel tikus dan Artikel kucing vs tikus
Artikel Kucing vs tikus---link ke---Artikel kucing dan Artikel tikus
Jadi intinya bagaimana caranya Anda harus menghubungkan ke tiga artikel tersebut karena ketiganya masih mempunyai tingkat relevan yang tinggi karena masih membahas tentang binatang..

Nah untuk bagaimana cara membuat internal link anchor text yang berkualitas, maka silahkan Anda bisa membaca postingan saya sebelumnya..

Selanjutnya jika Anda sudah memahami cara membuat internal link artikel, maka yang tidak kalah pentingnya adalah apa sebenarnya fungsi dari internal link tersebut..

Apakah internal link memang benar benar bisa meningkatkan kualitas SEO di blog..?

Fungsi Internal Link Untuk Meningkatkan Kualitas SEO Di Blog

Sudah Anda ketahui sendiri bahwa internal link adalah link aktif yang kita buat untuk mendukung sebuah materi yang sedang kita bahas di dalam artikel..

bagi seorang pembaca, jika link yang kita tautkan sangat relevan maka sudah kita pastikan pembaca akan tertarik karena bisa menjelajah lebih jauh kedalam pembahasan..

itu jika kita lihat dari sisi pembaca..

Bagaiman jika dari sisi search engine google ?

sudah saya jelaskan bahwa kerelevanan suatu artikel akan meningkatkan hasil pencarian yang akan mendorong artikel kita naik ke posisi atas..

ini karena sifat dari algoritma fred yang lebih mementingkan internal link yang relevan dari pada internal link yang di buat asal asalan..

si google fred paham jika kita menautkan link yang masih berhubungan maka itu akan meningkatkan minat pembaca, menampilkan artikel yang mempunyai tingkat relevan yang baik, dan itulah tujuan kita lebih memaksimal internal link tersebut..

selanjutnya apa saja manfaat yang bisa kita rasakan dari optimasi internal link ini, silahkan baca lebih lanjut..

Meningkatkan Tampilan Halaman Blog (Page View Meningkat)

Manfaat internal link yang paling terasa jika Anda memaksimalkan penggunaannya adalah meningkatnya jumlah page view blog..

Dengan membuat internal link, kita juga akan membantu pengunjung untuk menavigasi situs dengan lebih baik untuk menelusuri artikel yang masih berkaitan dengan artikel yang sedang di baca..

Hal ini juga berpengaruh terhadap prospek blog yang lebih baik jika Anda menautkan iklan didalam blog.

Semakin banyak halaman dibuka, maka akan semakin besar kesempatan Anda mendapat penghasilan karena beberapa iklan yang menarik akan muncul di setiap halaman..

Oleh karena itu pastikan Anda memanfaatkan penggunaan internal link dengan baik

Menguatkan Kata Kunci Artikel Melalui Anchor Text

sekali lagi..

Pengertian internal link adalah sebuah link aktif yang menghubungkan antar artikel di dalam satu blog atau website dan artikel tersebut masih berkaitan satu dengan yang lainnya..

membuat internal link juga akan membantu meningkatkan kata kunci melalui anchor text yang kita buat…
Baca : Pahami cara membuat anchor text SEO untuk blog
karena jika google meng crawler artikel tersebut, maka setiap internal link menggunakan anchor text berkualitas akan di telusuri oleh robot crawler dan nantinya akan di catat sebagai query pencarian..

semakin banyak query berkualitas masuk di index google, maka akan semakin tinggi juga peluang artikel untuk muncul di halaman pertama google..

Meningkatkan Kualitas Artikel Di Mata Google

Memang tidak bisa kita ragukan lagi bahwa manfaat internal link sangat lah baik untuk keseluruhan isi blog..

Kita tau bahwa tidak semua artikel yang kita buat mempunyai kualitas yang baik di hasil pencarian…

Mungkin ada beberapa artikel yang masih jauh di page 2 atau 3 dari hasil pencarian..

Dengan menggunakan internal link kita bisa meningkatkan kualitas artikel tersebut dengan menghubungkannya dengan artikel yang mempunyai peringkat lebih baik..

Dengan catatan yang harus di perhatikan bahwa artikel tersebut masih sangat relevan dan mempunyai kualitas baik di mata google dan pembaca..
Baca : cara membuat artikel berkualitas (Seo friendly dan Human friendly)
Anda bisa mengubungkan setiap artikel layaknya jaringan computer yang ada di sebuah perkantoran dengan tetap memperhatikan tata cara membuat internal link yang benar dan SEO..

Karena jika Anda sekedar menautkan link kedalam artikel, itu bisa berakibat fatal karena algoritma google fred yang tidak meyukai nya..

Merampingkan Skor Bounce Rate Blog

Bounce rate (rasio pentalan) adalah sebuah skor yang di gunakan google untuk menilai kualitas blog…

Ini masih menjadi acuan google untuk menentukan peringkat blog Anda karena semakin kecil skor bounce rate yang di hasilkan maka akan semakin berkualitas juga blog Anda..
Baca : cara mengurangi skor bouce rate blog yang tinggi
Jelas dengan menggunakan internal link maka waktu yang dihasilkan pengunjung untuk berada didalam blog akan lebih lama lagi di karenakan pengunjung akan membuka beberapa halaman yang terkait dengan materi artikel yang sedang di baca..

Jika pengunjung tertarik dengan materi didalam artikel yang Anda tulis, biasanya pengunjung akan menjelajah lebih jauh lagi dengan mengclick internal link yang kita tautkan..

Ini adalah beberapa manfaat dan fungsi internal link yang jika di maksimalkan akan member dampak baik bagi perkembangan blog..

Jangan lupa juga Anda harus memperhatikan ekternal link atau link yang menuju keluar, ini juga harus Anda lakukan dengan benar dan jangan sampai menautkan situs berbahaya..

karena itu bisa mempengaruhi kualitas blog Anda..

SEO itu luas dan banyak aspek yang harus kita perhatikan, seo itu tentang bagaiman cara kita mendatangkan pengunjung dengan waktu yang bertahan laman..

Jangan mudah tertarik dengan cara cara SEO hitam yang bisa mendatangkan pengunjung dengan waktu yang singkat..

Hal tersebut hanya akan membuat Anda senang di awal dan hanya sementara, jadilah seorang blogger profisional yang mampu membangun blog ber otoritas tinggi dan merasuk ke hati pengunjung..

Sampai disini sekian dulu tulisan saya tentang fungsi dan manfaat internal link di dalam blog yang semoga bisa Anda pahami dan peraktekan..

Selamat mencoba dan happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser