Begini Cara Menghindari Penalti Google (Wajib Di Pahami)


Awas Ancaman Penalti Google Mengintai Anda Setiap Waktu – Sebagian besar blogger pastinya sudah memahami seluk beluk hukuman google untuk situs yang melanggar kebijakan webmaster..

Perlu di pahami bahwa pemilik blog harus mencatat apa saja yang menyebabkan website/blog mendapat hukuman penalti dari google dan harus terus mengawasi semua backlink yang masuk…

Terkadang tanpa kita sadari beberapa link dari situs spam dan berbahaya bisa saja tiba tiba masuk ke blog, padahal kita sendiri tidak pernah menempelkan link ke situs tersebut..

Ini biasanya terjadi karena tingkah laku curang blogger lain untuk menjatuhkan blog kita, hal seperti ini sudah biasa terjadi di dunia blogging..

Maka dari itu, jika Anda ingin bermain aman dengan blog, jaga nama baik Anda dan situs Anda di mata semua blogger..

Dengan cara ini kemungkinan besar Anda akan mendapat kerhormatan sekaligus traffic tambahan..

Diluar semua itu, jika Anda ingin menjaga atau menghindari blog dari penalti google, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan hindari agar blog tetap bertahan di hasil pencarian..

Cara Menghindari Penalti Google Untuk Blog

Taukah Anda bahwa setiap algoritma yang diluncurkan google untuk menampilkan hasil pencarian mempunyai peran masing-masing dalam menyeleksi blog..

Misalnya Anda pernah mendengar Algoritma Google PAnda
Dengan algoritma tersebut, google akan menghukum ratusan situs dengan memberi beberapa sanksi penalti atau deindex jika kedapatan menyajikan konten artikel yang buruk dan hasil copy paste..

Jika sampai saat ini Anda masih mempunyai kebiasaan meng copy paste artikel orang lain, segera tinggalkan kebiasaan tersebut..

Atau jika kualitas tulisan yang Anda berikan sangat buruk dan tidak masuk akal, si google pAnda sangat membeci model artikel tersebut..
Baca: Menarik pengunjung dengan konten berkualitas
Itu baru google pAnda, bagaimana dengan algoritma lainnya..

Contohnya lagi Algoritma Google Penguin

Dari beberapa referensi yang saya baca di searchengineland bahwa google penguin ini di tugaskan untuk bekerja mencari website atau blog yang mempunyai backlink spam..

Blog yang terlalu banyak melakukan spam link atau terlalu banyak mempunyai backlink tidak relevan dan tidak berkualitas akan terkena razia dari algoritma google ini yang berdampak penalti, sandbox, hingga deindex permanen..

Maka dari itu, kita sebagai admin blog harus tau dan paham apa saja yang bisa menyebabkan blog terkena sandbox, penalty, atau deindex..

Itulah 2 algoritma google yang sangat bahaya yang harus kita perhatikan ketika sedang melakukan optimasi SEO on page atau off page..

Google melakukan ini tidak lain untuk memberi pengalaman yang bermanfaat bagi pengguna mesin pencari..

Memahami query pencarian dan menampilkan hasil terbaik adalah salah satu tujuan utama google..

kedua algoritma tersebut akan melakukan kolaborasi dalam menampilkan hasil terbaik dan memahami maksud dari pengguna…

sehingga artikel artikel yang muncul teratas merupakan artikel yang menjawab kebutuhan pengguna..

lalu apa yang wajib Anda perhatikan dalam melakukan optimasi link agar bisa terhindar dari penalti google..

Banyak Mempunyai Backlink Yang Buruk

Sudah saya katakan bahwa backlink yang buruk akan mengundang algoritma penguin untuk mendeteksi blog Anda sebagai pelaku spam..

Hal ini akan membuat blog atau website selangkah lebih dekat untuk mendapatkan sanksi google..

Cara ini memang sudah sangat kadaluarsa..

Dahulu di tahun 2010 an untuk mendapatkan peringkat 1 di halaman pencarian sangatlah mudah, pada jaman tersebut google masih memberlakukan sistem backlink..

Semakin banyak blog atau website mempunyai backlink maka semakin baik peringkatnya.

Untuk sekarang backlink masih tetap berlaku untuk meningkatkan ranking blog di google, tapi dengan aturan yang sudah di jelaskan diatas..

Hindari Membuat Link Yang Tidak Relevan Di Artikel

Salah satu dari 200 faktor mesin pencari untuk meranking sebuah blog adalah membuat internal atau eksternal lnk yang relevan di dalam artikel..

Optimasi internal link dan eksternal link harus bisa dilakukan disetiap artikel..
Baca: Fungsi internal link untuk SEO blog yang berkualitas
Sebagai contoh saja ketika Anda membaca artikel tentang “Cara mencari backlink berkualitas”.. eeeh tiba tiba saja di dalam artikel tersebut terdapat sebuah internal atau eksternal link yang berjudul “Cara diet sehat”

Menurut logika Anda apakah ini masuk akal ?

Sepemahaman saya ini adalah sebuah link yang merugikan blog Anda sendiri.

saran saya, hindari membuat sebuah tautan tidak relevan di dalam artikel karena secara human friendly ini membuat sebuah pembaca tidak nyaman..

Google tau jika pembaca Anda tidak nyaman, jika Anda terus melakukannya bukan tidak mungkin Anda akan menjadi salah satu pemilik blog yang terkena penalty google..

Masih Menggunakan Teknik Spam

Trus menerus melakukan spam komentar di berbagai forum dan website merupakan teknik spam yang sangat di benci oleh google..

Teknik seperti ini sudah lama hilang dan ditinggalkan oleh para blogger untuk meningkatkan ranking blog karena sangat bertentangan dengan algoritma penguin yang sudah saya jelaskan diatas..

Hindari juga untuk berkomentar secara terus menerus di dalam sebuah artikel yang tidak ada kaitannya dengan blog Anda, atau bisa dikatakan tidak relevan dengan niche yang Anda bahas di dalam blog.

Bukan tidak boleh, tapi atur frekuensinya dan jangan lakukan secara terus menerus..

Lebih disarankan Anda untuk berkomentar didalam website yang berotoritas tinggi seperi .gov .edu yang masih satu niche dengan blog Anda..

Usahakan untuk berkomentar secara bijak agar komentar mudah approve, karena sebagian besar blog atau website seperti itu pasti melakukan moderasi komentar yang masuk..

Usahakan juga satu blog satu komentar, jangan member komentar secara bertubi tubi hanya dalam satu blog saja agar Anda tidak terlihat seperti melakukan tindakan spam..

Bertukar Backlink Sesama Website/Blog

Pernahkah Anda mendengar istilah blog roll atau link exchange?

Blog roll/ link exchange adalah istilah yang digunakan para blogger untuk saling bertukar link satu sama lain..

dimana blog A akan memasang link ke blog B, dan blog B akan memasang link ke blog A sehingga akan terjadi pertukaran link antar sesama blog..

Ini dilakukan untuk mendapatkan backlink antar sesama blog yang bertujuan untuk memanipulasi mesin pencari agar blog mereka mampu bersaing di hasil pencarian..

Teknik ini sangat efektif dilakukan agar kata kunci yang di bidik bisa lebih kuat untuk muncul di halaman satu google.. ITU DULU !!!!

Sekarang jangan coba coba melakukan teknik seperti ini… silahkan baca tulisan saya sebelumnya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap
Baca: Bahaya bertukar link blog
Sampai disini demikian dulu sedikit pembahasan saya tentang cara menghindari penalti goolge yang semoga bisa diterapkan dengan baik..

Jika Anda pertanyaan silahkan komentar yaa..

Happy SEO and Happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser