Begini Cara Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu


Cara Belanja Online Agar Tidak Tertipu – Pada saat ini belanja online merupakan sebuah kegiatan yang sudah sering dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat..

Karena dengan cara tersebut kita lebih dimudahkan memilih barang barang secara santai hanya dari rumah melalui situs jual beli seperti bukalapak, lazada, shope, tokopedia dll..

Tidak hanya itu, bahkan beberapa media sosial seperti facebook dan instagram sering di jadikan sebagai media jual beli online seperti pakaian wanita dan pria..

Tapi dimana pun ada transakasi, disitulah tempat berkumpulnya para penjahat..

Tidak jarang juga sebagian orang yang sudah sering melakukan belanja online tertipu oleh penjual seperi barang tidak kunjung datang kerumah, menerima barang palsu, atau mungkin barang yang datang tidak sesuai dengan barang yang telah di pesan..
Kasus penipuan yang pernah ada adalah kasus penipuan jual beli online yang pernah dilakukan oleh seorang mahasiswa yang menggunakan modus baru. Sebagai pengguna internet yang bijak, Anda harus tetap hati hati jika Anda sering melakukan belanja online agar tidak mudah tertipu. Tribunnews
Tidak hanya melalui berita tersebut, mungkin Anda sendiri pernah mengalami dan mendengar kerabat dekat menjadi korban penipuan belanja online..

Beruntung sekali jika Anda kebetulan membaca tulisan ini, karena saya akan membagikan cara aman belanja online supaya tidak mudah tertipu oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab..

Tips Belanja Online Aman Dan Terpercaya

Dalam artikel ini ada beberapa cara yang akan saya jelaskan. Pastikan Anda paham dan bisa mempraktekannya ketika berniat melakukan transaksi online di online shop mana pun.

Perhatikan Simbol Gembok Yang Ada Di Samping Alamat Website

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan istilah yang diberikan pada sebuah protokol dan dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dari WWW (World Wide Web). HTTP dapat pula diartikan sebagai protokol jaringan untuk pendistribusian sistem informasi hypermedia secara kolaboratif.

Jika Anda tidak tau yang saya maksud, lihat gambar di bawah ini..


Dalam artian HTTP merupakan symbol keamanan yang dikembangkan oleh netscape, protocol ini berguna untuk mengenkripsi informasi untuk privasi termasuk data kartu kredit Anda..

Jika Anda tidak melihat simbol gembok atau malah terlihat simbol gembok yang disilang merah, maka Anda harus berhati hati dalam melakukan aktivitas di situs tersebut..

Saran saya, lebih baik Anda melakukan transaksi online melalui situs website yang menggunakan HTTPS karena mereka menggunakan SSL untuk mengenkripsi informasi apapun yang dikirim melalui internet termasuk detail kartu kredit..

Tetap Pada Merek Atau Situs Terpercaya

Sebaiknya jika Anda sudah pernah melakukan transaksi disalah satu situs yang memang sudah Anda percaya, maka tetap pada situs tersebut.

Ini termasuk merek barang dan pelapak, pastikan Anda sudah tau betul informasi mengenai lapak yang ada di online..

Karena bisa saja pelapak tersebut adalah seorang dropshipper nakal yang berniat menipu dan merugikan orang..

Karena jika Anda sudah terbiasa dan percaya maka rasa curiga akan hilang karena uang Anda akan aman hingga barang sampai ke tangan Anda…

Hindari untuk mencoba coba dalam melakukan belanja online yang nilainya cukup besar, pastikan Anda tetap pada merek, pelapak, dan situs kepercayaan Anda saja..

Lebih Aman Menggunakan Kartu Kredit

Jika dilihat dari bentuk fisik mungkin tidak jauh berbeda, tapi secara fungsi ada beberapa yang membedakan antara kartu kredit dan debit..

Jika memungkinkan, pastikan untuk menggunakan kartu kredit untuk melakukan belanja online, saya rasa karena jika Anda menggunakan kartu kredit maka ada limit atau batas yang bisa di belanjakan secara online..

Maka dari itu menggunaka kartu kredit untuk belanja online saya rasa lebih aman dari pada Anda menggunakan kartu debit..

Jangan Tertipu Dengan Tawaran Barang Murah

Jika Anda sedang menggunakan internet untuk menjelajahi media sosial seperti facebook, instagram dll, biasanya Anda akan menemukan berbagai macam iklan yang terkadang muncul diberAnda dengan berbagai judul yang mengandung clickbait..

Walaupun begitu, saya harap Anda jangan mudah percaya dengan penawaran yang luar biasa murah, karena bisa saja itu sebuah modus penipuan..

Tidak hanya lewat media sosial yang sudah saya jelaskan, berbagai penawaran murah biasanya datang melalui sebuah email, apa lagi jika Anda disuruh untuk memberikan sebuah email dan password tanpa izin maka hal tersebut harus diwasapadai..

jika ingin menambah wawasan, silahkan Anda baca artikel saya sebelumnya yang berjudul cara melindungi akun gmail..

Jika Anda ingin aman dalam melakukan belanja online, maka sebaiknya lakukan transaksi lewat situs resmi seperti di tokopedia, di lazada, di shope dll, jangan pernah melakukan belanja melalui tautan yang dikirim melalui email atau pun jendela pop-up…

Pastikan Anda memahami bahwa harga yang mahal akan sepadan dengan kualitas barang..

Usahakan Tidak Melakukan Belanja Melalui Wi-Fi Umum

Menggunakan sebuah Wi-Fi gratis yang cukup cepat akan memberikan kepuasan bagi kita, sudah koneksinya cepat, gratis pula..

Memang iya jika menggunakan barang gratisan berkualitas seperti koneksi wifi itu baik jika kita gunakan untuk mendownload sebuah filem atau pun melakukan streaming..

Tapi jika datang niat Anda untuk melakukan belanja online menggunakan wifi umum, urungkan saja niat tersebut..

Karena wifi gratis yang biasa Anda gunakan di caffe atau restoran tidak lah seaman wifi yang biasa Anda pasang dirumah..

Lebih baik lagi Anda menggunakan paket data telepon saja, itu lebih aman dibandingkan Anda melakukan transaksi online menggunakan jaringan public..

Pastikan Untuk Menyimpan Bukti Transaksi

Biasakan untuk selalu menyimpan bukti transaksi yang Anda lakukan seperti kuitasnsi atau salinan email antara Anda dengan penjual..

Namun jika Anda sudah tau tata cara belanja online di bukalapak, menurut saya sistem tersebut sudah cukup canggih, Anda tidak perlu risau karena mereka cukup ketat dalam meyeleksi pelapak nakal yang ada di dalam sistem..

Mematikan PC Atau Laptop Setelah Melakukan Transaksi

Biasakan untuk selalu mematikan pc atau laptop setelah melakukan transaksi, Anda bisa menunggunya beberapa menit saja dan lalu hidupkan kembali..

Langkah ini kita gunakan untuk mencegah virus malware nakal yang bisa mengambil alih PC untuk melakukan sebuah transaksi otomatis yang dapat merugikan Anda sendiri..

Jika Anda belum pernah melakukan belanja online tapi Anda ingin melakukannya, silahkan ikuti saja tips belanja online aman dan terpercaya yang sudah saya jelaskan..

Mungkin beberapa orang mengira tips diatas terlalu berlebihan, tapi tidak ada salahnya Anda lakukan demi keamanan sendiri..

Demikian yang bisa saya tulis tentang cara aman belanja online agar bisa dipraktekan jika suatu saat ingin melakukan transaksi..

Happy reading happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser