4 Cara Membangun Niche Blog Yang Kuat Untuk Website Anda


Membangun Niche Atau Karakter Blog – Untuk langkah awal dalam membangun sebuah blog yang sukses maka kita harus menentukan niche apa yang akan di bahas di dalam blog.

ini merupakan sebuah langkah penting karena dari sini Anda harus memilih niche sesuai dengan kemampuan apa yang Anda..

Jangan sampai Anda salah memilih niche yang sepi di cari oleh orang lain atau Anda memilih niche yang Anda tidak pahami.

Karena jika Anda memilih niche yang Anda tidak kuasai maka itu akan berdampak kepada rasa malas dan jarang menulis di blog sendiri.

Sebelum kita membahas cara membangun dan membuat blog niche yang menarik, maka saya akan memberi sedikit wawasan mengenai pengertian niche itu sendiri..

Apa Itu Niche Di Dunia blogging ?

Pengertian niche blog adalah sebuah blog yang membahas satu topik di dalam bidang tertentu dan tidak membahas yang lain.

Niche itu sendiri bisa kita katakan sebuah topik…

Misalnya jika blog Anda adalah sebuah blog yang membahas dunia blogging seperti SEO blog, template blog, dan desain blog maka Anda bisa menyebut blog Anda tersebut sebuah blog yang mempunyai niche blogging.

Sedangkan jenis niche blog menurut John James Robinson di dalam ebook nya yang bejudul The Authority Site Adsense Guide menyebutkan ;
  • Themed-niche, adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Sebagai contoh jika blog Anda mempunyai topik seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya seo off page untuk blogger saja.
  • Whole-niche, adalah niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. contoh jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari SEO, template, ,panduan membuat blog, dan desain blog.
  • Micro-niche, adalah niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Contoh Misalkan topik blog Anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar seo on page khusus riset keyword.
  • Broad-niche, adalah niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. Contoh jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka blog Anda akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang, jadi pembahasannya meliputi, SEO untuk blogger, hingga monetize blog Blogger Anda.

Cara Membuat Niche Blog Yang Kuat Di Mata Pembaca Anda

ini penting..

jika Anda ingin membuat blog, maka usahakan untuk memilih niche blog yang ramai di cari orang khusunya di Indonesia jika Anda ingin membuat blog berbahasa Indonesia.

Selanjutnya jika Anda sudah menentukan niche apa yang akan di pilih berdasarkan empat jenis niche menurut ebook John James Robinson, maka di bawah ini akan di jelaskan juga empat cara membangun karakter blog yang kuat berdasarkan niche yang anda pilih.

1. Tetapkan Diri Anda Sebagai Otoritas

Beberapa pembaca terkadang tidak menyukai lelucon jika di dalam tulisan tersebut membahas sesuatu yang serius dan sangat di butuhkan pembaca.

Itulah sebabnya Anda perlu menjadi otoritas dalam niche blog.

Sekarang saya tidak merekomendasikan Anda sebagai penulis yang berpura pura menjadi seorang pakar didalam niche yang di pilih.

Karena seorang blogger harus mempunyai tanggung jawab atas apa yang mereka tulis di dalam blog nya.

Tidak masalah jika Anda seorang yang baru di dalam dunia blogging, karena untuk membangun sebuh situs yang sukses membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 tahun untuk membangun otoritas tersebut.

Sebuah catatan penting, jika Anda belum siap untuk menjadi sukses maka Anda mungkin tidak boleh melakukannya.

2. Tulis Beberapa Hal Menarik Dalam Hidup Anda

Temukan apapun yang menarik di dalam hidup Anda yang itu berguna bagi orang lain, buat artikel berkualitas dan ajarkan mereka tentang hal hebat yang pernah Anda alami berdasarkan niche.

Jadikan itu sebagai bagian dari karakter Anda, jika pembaca merasa apa yang Anda bagikan itu berguna, maka mereka akan membagikan nya ke media sosial.

Hal ini akan membantu blog Anda terkenal karena sudah di bagikan secara alami oleh pembaca yang menyukai tentang apa yang Anda tulis

3. Jangan Berbicara Di Luar Niche Blog

Tidak ada yang suka membaca sebuah tulisan yang keluar jauh dari topik yang di bicarakan.

Sebagian pembaca Anda adalah seorang yang haus akan informasi, mereka mungkin hanya mencari poin poin penting di dalam artikel.

Dalam kasus ini Anda boleh saja menuliskan sesuatu di luar topik bahasan dengan catatan itu sebagai penunjang dari topik utama.

Buat pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan tulisan dengan gaya Anda sendiri, buat mereka penasaran dengan informasi yang di sajikan.

Dengan cara tersebut, maka Anda mampu membangun niche blog yang sukses dan bisa menarik lebih banyak pembaca.

Sebagai catatan saja, jika Anda tidak yakin dengan apa yag Anda tulis, maka jangan pernah menuliskannya karena itu bisa menjadi malapetaka bagi karakter blog Anda.


4. Tetap Pada Pendirian Dan Jangan Takut Untuk Menjadi Kontroversial

Sebagai contoh Anda bisa melihat riwayat hidup Stave Jobs, di hari kematian nya sebagian orang sedih karena kepergian nya, sebagian lagi senang, dan sebagian lagi netral.

Ini bisa kita jadikan contoh yang baik bagi Anda yang ingin membangun sebuah karakter blog tersebut.

Jangan takut untuk menjadi kontroversi jika apa yang Anda bahas adalah benar, mungkin sebagian orang akan menilai salah, atau sebagian lagi menilai itu benar.

Bilan Anda mengatakan sesuatu, katakan dengan berani, ucapkan dengan percaya diri dengan kayakinan yang bersifat menarik.

Sebelum Anda berfikir jauh tentang bagaimana cara mendatangkan ribuan pengunjung, menghasilkan uang lewat blog, maka fikirkan dulu bagaimana membangun niche (karakter) yang kuat di dalam blog yang menarik minat pembaca Anda.

Ini adalah senjata ampuh untuk membangun pondasi blog yang kuat sebelum Anda berfikir lebih jauh, karena blog adalah bukan hanya alat untuk menghasilkan uang saja.

Tapi lebih bagusnya adalah media sharing yang mendidik dan memberi wawasan kepada pembaca Anda.

Jangan pernah membodohi seorang dengan cara yang tidak baik melalui blog karena itu akan menjadi boomerang bagi Anda di kemudian hari.

Karena harapan besar kita adalah membangun blog jangka panjang yang di cintai pembaca.

Semoga member wawasan lebih dan happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser