Dengan Desain Web Responsif Anda Bisa Meningkatkan Strategi SEO Blog


Meningkatkan Strategi SEO Dengan Menggunakan Desain Web Responsif – Apakah Anda sudah menyadari pada tahun 2017 bahwa jumlah pengguna smartphone sangat meningkat drastis.

Ini bisa kita rasakan dengan melihat jumlah peningkatan jumlah penjualan hp pintar semakin hari terus meningkat di segala merek.

Ini menAndakan bahwa sebagian besar orang mulai lebih mudah dalam mencari informasi di beberapa situs tanpa harus membuka laptop.

Dengan mengetahui banyak nya pengguna smartphone ini, kita sebagai pemilik sebuah website di tuntut untuk mengikuti sebuah perkembangan zaman dengan menyediakan desain web responsif yang bisa di akses di berbagai ukuran layar.

Dengan menggunakan template yang fleksible dan mengikuti ukuran layar, itu menAndakan bahwa kita sudah berusaha untuk meng optimasi sebuah web site dan berpeluang besar mendapatkan banyak pengunjung melalui pengguna mobile.

Website yang SEO friendly tidak bisa di nilai dari kualitas tempalate yang di gunakan, ada banyak faktor pendukung untuk berada di halaman depan google

Tapi tidak ada salahnya kita sebagai blogger profisional harus paham kebutuhan pasar yaitu dengan menerapkan desain web responsif yang di mana strategi tersebut mampu meningkatkan SEO website.

Sebenarnya Apa Itu Web Responsif ?

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi dan di beberapa artikel saya tentang optimasi SEO untuk mobile menyebutkan bahwa desain blog atau website yang responsive adalah dimana tata letak widget dan tampilan template sebuah website yang berubah mengikuti ukuran layar.

Contohnya seperti blog saya ini yang selalu bisa mengikuti ukuran layar dari mana pun Anda membukannya, baik itu desktop, tablet, atau pun mobile.

Selain itu Matt Cutts juga pernah mengatakan “Desain yang blog atau website yang responsif menAndakan bahwa setiap halaman nya akan berfungsi dengan baik, apakah Anda mengakses URL situs dengan browser desktop atau menggunakan browser seluler, semuanya akan mengikuti ukuran layar dan menyesuaikan”

Dengan begitu untuk meningkatkan SEO blog atau website maka desain yang responsif cukup berperan untuk meningkatkan pengunjung blog secara maksimal.

Didalam artikel ini Anda akan di jelaskan betapa pentingnya menggunakan template responsif untuk meningkatkan nilai SEO blog.


1. Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman

Apakah Anda pernah mendengar bahwa google telah meluncurkan algoritma index mobile first yang lebih mengutamakan website atau blog yang menggunakan tempalate Amp (Accelerate Mobile Page)

Dengan menggunakan desain template amp akan meningkatkan kecepatan halaman di atas rata rata jika di banding dengan template biasa.

Waktu yang di butuhkan untuk memuat sebuah halaman merupakan faktor utama, situs web yang memerlukan sedikit waktu untuk memuat sebuah halaman sangat di sukai oleh mesin pencari baik itu google, yahoo, bing, dan yandex.

Situs yang mempunyai loading yang relatif singkat akan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kebanyakan orang akan merasa frustasi dan langsung menutup blog jika kita mempunyai waktu loading yang lambat dan pastinya langsung berpindah ke website lain.

Biasanya jika kita menemukan sebuah blog yang mempunyai waktu loading lambat maka bisa di pastikan blog tersebut tidak mempunyai peringkat baik di hasil penelusuran.

Maka dari itu sangat disaran untuk Anda yang membaca artikel ini agar segera memperbaiki kecepatan loading halaman nya agar lebih mudah mendapatkan pengunjung.

Dan sudah bisa di pastinkan jika Anda menggunakan sebuah template yang responsif maka loading setiap halaman yang ada di dalamnya cukup cepat.

2. Meningkatkan Kualitas Website

Faktor selanjutnya yang di gunakan google untuk menilai sebuah kualitas website adalah dengan melihat total waktu yang di habiskan pengunjung di dalam halaman situs.

Bila pengguna tidak dapat menavigasi situs Anda dengan baik seperti tidak membuka internal link yang ada di dalam artikel, atau melihat sitemap yang ada di blog maka itu akan terhitung buruk di mata google.

Dengan menggunakan desain web responsif pengunjung blog akan di mudahkan karena tampilan yang lebih enak dilihat.

Ha ini kemudian akan mengarah kepada pengalaman pengguna yang di sempurnakan dan tentunya pengunjung akan lebih lama lagi di dalam situs tersebut.

Oleh karena itu situs dengan desain responsif akan memiliki peringkat lebih baik dalam hasil pencarian.

3. Mengurangi Nilai Persentase Bounce Rate (Rasio Pentalan)

Bounce rate adalah jumlah keseluruhan pengunjung di bagi dengan jumlah pengunjung yang membuka lebih dari satu halaman di kali 100%, dengan menggunakan rumus seperti itu maka akan di hasilkan persentase bounce rate dari blog Anda.

Nilai bounce rate baik yang harus kita pertahankan adalah berjumlah di bawa 60%, ini sudah menAndakan bahwa kulitas situs cukup berkualitas dan pantas untuk mendapatkan peringkat satu di halaman perncarian.

Kecilnya nilai bounce rate merupakan salah satu faktor page one yang di gunakan google untuk menilai kualitas blog.

4. Mengatasi Duplicate Content

Terkadang beberapa perusahaan bahkan personal memilih untuk membuat website baru untuk menerapkan situs mobile secara terpisah untuk mendapatkan desain responsif.

Ini akan memakan cukup waktu untuk membangun nya kembali, bahkan pengunaan URL baru dan men duplicate content di perlukan untuk mengisi situs mobile tersebut.

Untuk mengatasinya, lebih baik gunakan desain template responsif yang akan menghindari Anda melakukan duplicate content dan bisa di akses dengan mudah melalui desktop ataupun mobile.

Hal ini juga membantu Anda untuk meningkatkan SEO website, Karen konten duplicate di beberapa halaman akan berdampak buruk terhadap ranking Anda di google dan mesin pencarian lain.


5. Meningkatkan Sosial Signal Website

Lebih memilih desain web responsif, Anda akan di permudah untuk memasang tombol berbagi sosial di setiap artikel.

dengan menggunakan tombol berbagi dengan beberapa platform media sosial maka ini akan mendorong pengunjung untuk membagikan artikel Anda jika itu memang di rasa berguna untuk orang lain.

Pengunjung juga akan membagikan artikel Anda lebih cepat dari pada Anda menggunakan template desktop.

Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk memasang tombol share artikel di setiap halaman untuk meningkatkan sosial signal website.

Sekali lagi saya katakan…

Sebagian besar pengguna internet sekarang lebih suka menggunakan perangkat mobile mereka dari pada ribet menggunakan laptop jika memang itu mampu dilakukan oleh perangkat mobile.

Jumlah ini akan terus meningkat setiap tahun nya, jadi ini adalah kesempatan yang baik untuk Anda beralih ke desain web responsif dan melihat jumlah ledakan pengunjung mobile yang akan meningkat.

Meningkatnya jumlah pengunjung juga bisa di pastikan meningkatnya kualitas SEO website yang kita lakukan.

Sekian dulu tulisan sederhana saya…

Sampai ketemu di artikel lainnya dan happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser