Virus Ransomware : 4 Cara Ampuh Untuk Melindungi Data Penting Di Komputer


Mencegah Virus Ransomware – Virus apapun itu jika sudah menyerang target tetap akan memberi dampak merugikan, tidak hanya didunia nyata, didalam dunia teknologi para cyber security selalu direpotkan dengan penyerangan virus yang merugikan.

Seperti yang sobat dengar beberapa hari yang lalu bahwa dunia teknologi telah di hebohkan dengan penyerangan virus ransomware yang mengakibatkan hilangnya sebagian besar data data penting.

Virus ini tergolong kedalam malware yang sangat berbahaya yang di sebar oleh seorang hacker untuk mencuri data data penting melalui jaringan internet.

jika tidak melakukan upaya pencegahan maka yang di takut kan ransomware ini bisa mengambil data data penting sobat.

Semenjak ditemukan beberapa hari yang lalu, penyerangan virus ransomware ini telah berdampak ke 10.000 organisasi dan 200.000 orang lebih dari 150 negara.

Ini merupakan sebuah bencana bagi dunia teknologi karena dampak dari virus tersebut adalah bertujuan untuk mencuri data sebuah organisasi apapun itu.

Atau mampu mengunci data data dari komputer menggunakan enkripsi.


Saya berharap sobat yang telah membaca artikel ini tidak menjadi korban dari serangan virus dan bisa mencegah nya..

dan sangat baik saya anjurkan sobat untuk membaca artikel ini hingga selesai.

Karena di dalam tulisan saya ini saya akan menjelaskan pengertian virus ransomware dan cara mencegah penyebaran virus tersebut.

Pengertian Virus Ransomware Adalah

Beberapa halaman berita menyebutkan, meskipun sudah dilakukan beberapa langkah pencegahan untuk memperparah penyebarannya, beberapa varian baru virus ransomware wannaCry telah bermunculan.

Diantaranya yang sudah di temukan adalah ;
  • Petya
  • Locky
  • CryptoWall
  • TeslaCrypt
  • Cerber
Sebelum saya masuk kedalam pembahasan ini, alangkah baiknya jika saya tulis terlebih dahulu pengertian virus ransomware wannacry.

Ransomware adalah sebuah program yang juga bisa disebut malware yang menargetkan data sistem dan meng-enkripasi data tersebut sehingga pemiliknya tidak bisa mengakses ataupun membuka data tersebut.

Banyak yang bertanya mengapa data saya di kunci dan bagaimana cara saya mengakses data tersebut.

Banyak yang sudah menyebutkan bahwa tujuan dari virus ini adalah tidak lain untuk memeras para korban dengan meminta tebusan menggunakan mata uang digital yaitu Bitcoin sebesar 300 $.

Ini merupakan tindak kejahatan yang telah merugikan pihak korban, karena jika kita menuruti permintaan tersebut maka selamanya data penting akan terkunci.

Terlebih jika virus ransomware ini menyerang sebuah perusahaan besar yang dimana data data tersebut sangat di perlukan untuk perusahaan.

Sudah pasti perusahaan akan menuruti permintaan para hacker agar data mereka bisa terbuka kembali atau di deskripsi ulang.

Dan sekarang jika sobat kebetulan tidak menjadi korban dari serangan virus ini maka bagaimana cara mencegah virus wannacry menginfeksi computer sobat.

Dan langkah apa yang harus saya lakukan untuk melindungi data data pribadi yang ada di computer.

Cara Mencegah Penyebaran Virus Ransomware Masuk Ke Komputer

Bayangkan saja jika suatu pagi saat sobat terbangun dan menemukan identitas pribadi telah dicuri atau rekening bank sobat terganggu, marah, frustasi, ketakutan dan gelisah pastinya bercampur aduk menjadi satu.

Untuk mengambil langkah yang rasional dalam situasi ini sulit untuk dilakukan karena perasaan panik dan ketakutan.

Akibatnya kita bisa terjebak dan menuruti permintaan hacker untuk membayar sebuah tebusan tersebut.

Berikut di bawah ini ada 4 empat cara anti ransomware yang menurut saya bisa mengurangi resiko terserang nya dari virus tersebut.

1. Jangan Buta Dengan Informasi

Jangan sampai diri sobat buta terhadap berita informasi baik itu perkembangan atau pun kejahatan cyber.

Sadar informasi merupakan langkah awal yang bisa kita lakukan untuk menganti sipasi dan mempersiapkan diri dengan baik.

Cobalah untuk tetap mengikuti ancaman ancaman baru di bidang teknologi yang sudah pernah terjadi atau pun yang baru seperti virus ransomware wannacry.

Sobat bisa melihat dan membacara informasi mengenai hal tersebut melalui saluran berita dan situs keamanan berkualitas yang kredibel seperti Symantec.

Misalnya jika sobat mengakses halaman tersebut...

di dalamnya ada bagian “Pusat Keamanan” di situs web Symantec mereka memiliki sub bagian yang di disebut “Ancaman, Resiko, Dan Kerentanan” yang mencantumkan ancaman terbaru atau yang telah di identifikasi.

2. Selalu Berhati Hati Saat Bermain Internet

Selalu waspada saat berselancar di internet meruapakan langkah ke dua yang saya rekomendasikan agar resiko terjangkitnya beberapa virus berbahaya seperti ransomware bisa kita hindari.

Hindari membuka halaman halaman web yang mencurigakan atau sembarang click tautan.

Contoh yang menggambarkan pentingnya menjadi waspada adalah saat sobat menghadapi serangan phishing.

Seperti yang kita ketahui bahwa teknik phishing adalah sutu teknik yang di gunakan untuk menipu pengguna untuk memberikan informasi pribadi yang dapat di manfaatkan.

Teknik phishing ini menggunakan hyperlink ke situs web atau lampiran berbahaya yang dapat mencuri data berbahaya yang ada di komputer korban.

Contoh lain dari phishing ini dengan mengirimkan korban sebuah spam email yang berisi tautan jebakan, biasanya email email sperti ini menggunakan judul atau kata yang menarik perhatian pengguna untuk mengklik alamat tautan tersebut (ClickBait) .
Baca : Cara Menhindari Clickbait
Jika sobat tidak hati hati dan terlanjur mengklik tautan tersebut..

sudah di pastikan data data sobat yang terkait login yang disimpan melalui cache browser akan tercuri oleh hacker tersebut.

Sebaiknya hindari membuka tautan yang dikirim melalui email yang tak dikenal dan tidak pernah di temukan.

Apapun itu, selalu periksa tautan aktif yang ada di dalam email dengan mengarahkan mouse ke tautan tersebut dan melihat alamatnya di pojok kiri bawah browser.

Jika alamat tersebut mencurigakan, maka tinggalkan dan lupakan saja.


3. Lindungi Komputer Dengan Antivirus Anti Malware

Langkah selanjutnya yang bisa sobat lakukan untuk mencegah terserangnya virus malware apapun itu dengan menggunakan antivirus terpecaya yang di beli melalui situs web resmi.

Gunakan antivirus yang terupdate dan mengkonfigurasi secara proaktif dan juga lakukan scaner keseluruhan data secara terjadwal.

Ada banyak sekali situs resmi yang menjual dan membagikan anti malware secara gratis.

Contoh gratis nya adalah Microsoft Essential dan Windows Defender atau yang berbayar bisa sobat akses di Symantec dan McAfee.

4. Melakukan Pembaharuan (Update)

Pada dasarnya virus yang tergolong dalam malware adalah bekerja dengan memanfaatkan celah keamanan suatu software atau sistem informasi.

Jadi dengan perngertian tersebut kita bisa tau bahwa bug yang ada didalam sistem informasi tersebut merupakan jalan masuknya virus ransomware untuk mengenkripsi data data.

Ada baiknya kita selalu update sistem informasi yang di gunakan untuk menghindari mudahnya masuk virus tersebut ke dalam sistem komputer.

Oleh karena itu manfaatkan windows automatic updates dan alat manajemen tambahan lainnya yang tersedia saat ini.

Dan pastikan sobat untuk tetap berhati hati dalam install suatu aplikasi yang didapat melalui internet, terkadang aplikasi yang kita download saat ini terselipkan virus virus berbahaya yang dapat merusak sistem computer.

Okee sampai disini sekian dulu pembahasan saya tentang Cara Mencegah Virus Ransomware WannaCry yang harapannya bisa membantu pembaca dan memberi informasi lebih.

Jika sobat mempunyai trik yang lebih ampuh untuk mencegah terinfeksi virus malware berbahaya, maka bisa berkomentar karena saya sebagai penulis juga masih belajar dan belum banyak tau.

Happy blogging dan happy holiday

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser