10 Tips Menulis Komentar Blog Agar Mudah Di Approve


Cara Menulis Komentar Berkualitas - Sejak dulu aktifitas blog walking ini masih dipercayai sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mutu blog sendiri, banyak blogger senior menyarankan untuk melakukan blog walking di beberapa farum berkualitas dan blog yang berkaitan dengan niche blog sendiri.

Tujuannya apa ?

Dulu sebelum algoritma google diperketat dengan rumus yang lebih rumit, aktifitas blog walking spam sangat efektif untuk mendapatkan backlink, dengan blog walking kita bisa dengan mudah sekali mendapatkan rangking satu google.

Itu karena kita hanya dengan menggunakan bot untuk menulis di ratusan blog dengan menyisipkan link balik, kita bisa menulis komentar secara otomatis di blog hanya dengan sekali klik, tindakan seperti itu sudah kadaluarsa dan sudah di anggap spam oleh google.

Tapi jika sobat melakukan blog walking manual yang memang bertujuan untuk mencari referensi, maka berkomentar secara berkualitas akan meningkatkan rangking blog, baik itu menggunakan akun google plus, openID blog, atau pun dengan mengisi form komentar seperti  nama, email, dan website.

Cara Menulis Komentar Berkualitas

Tidak sedikit yang mencari blog yang mempunya PA dan DA tinggi untuk melakukan komentar di dalam artikel blog tersebut, biasanya kebanyakan dari blog yang sudah mempunyai nama dimata google menerapkan aturan komentar akan muncul setelah di setujui.

itu artinya komentar sobat dibaca dulu oleh admin blog apakah relevan atau tidak dengan artikel yang bersangkutan, apa lagi blog tersebut menerapkan commentLuv yang bisa kita sisipkan link artikel terbaru secara otomatis.

Yaa blog besar yang menggunakan commentLuv merupakan buruan saya untuk menuliskan komentar berkualitas, tapi mencari dan agar komentar kita di approve tidak lah mudah.
Berikut dibawah ini jika sobat ingin mengetahui cara berkomentar dengan baik dan agar komentar lolos dari moderasi admin, maka sobat perlu membaca tulisan ini hingga akhir.

1. Mulailah Berkomentar Dengan Menyapa Penulis

Jika sobat biasa melakukan komentar di blog bule, maka menyapa penulis itu sangat sopan dan di hormati.

Namun ada hal yang harus diketahui oleh sobat bahwa jika ingin berkomentar di blog bule jangan menggunakan sapaan seperti "Haii", "haloo" saja.

Sapaan yang hanya menuliskan "hai" atau "haloo" tersebut sebagian besar admin blog bule merasa risih, mereka lebih suka jika kita menyapa dengan menyebut nama mereka seperti "hai john", hello sisca".

Itu berarti kita sebagai pembaca ada usaha untuk mengetahui nama adminnya sebelum berkomentar, dan itu salah satu cara saya jika ingin komentar di approve.

2. Tambahkan Nilai Positif Dalam Berkomentar

Cara menulis komentar terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menambahkan nilai yang berkaitan dengan artikel aslinya.

cara ini berhasil menarik simpati pembaca lain untuk membalas komentar kita dan tentunya penulis artikel tersebut merasa bahwa artikelnya sangat berguna.

Faktanya..!!

Masih banyak sekali para spammer yang berkomentar dengan cara yang membuang buang waktu dengan menuliskan "artikel menarik", "informasi yang bermanfaat" atapun tulisan tulisan yang tidak berguna lainnya..

Jika soat ingin setiap komentar selalu di apprive, usahakan untuk tidak melakukan etika berkomentar secara spam.

3. Memberitahu Kisah Pribadi

Gambarkan dan jelaskan sesuatu yang berkaitan dengan artikel yang dikomentari, jelaskan pengalaman pribadi sobat dengan memberikan beberapa kritik tentang tulisan tersebut.

Cara seperti ini akan membuat komentar sobat lebih hidup dan tidak terlihat monoton seperti cara spam tadi, terkadang dengan memberikan kisah pribadi yang berkaitan dengan artikel akan menarik pembaca menyukai komentar sobat karena manusia cenderung lebih suka dengan cerita pengalaman.


4. Jangan Pernah Menuliskan Link Hidup Kedalam  Komentar

Bagi saya, dengan menyisipkan link hidup saat blog walking adalah tindakan merugikan dan haram.

Alasannya adalah, tidak ada admin blog mana pun yang mau blog kesayangannya menjadi ladang spam yang banyak terdapat link hidup untuk di komentari.

Si admin blog juga merasa di rugikan karena dengan adanya link hidup tersebut, bisa memberitahu google bahwa blog nya adalah blog spam yang mempunyai terlalu banyak link keluar (outbound link).

Maka jika sobat melakukan cara ini, sudah dipastikan komentar yang sobat buat tidak akan muncul karena tidak akan lolos dari proses moderasi komentar.
Baca: Cara filter link aktif otomatis di komentar blog

5. Mulailah Dengan Percakapan

Salah satu teknik berkomentar berkualitas berikutnya adalah dengan memulai percakapan dengan admin atau pembaca lainnya.

Caranya seperti apa ?

Sudah saya katakan tadi bahwa jika ingin komentar sobat disetujui untuk muncul ,maka berkomentarlah dengan memberikan nilai lebih kepada artikel tersebut.

Artinya disini sobat harus lihat apakah ada point penting lainnya yang belum di tuliskan, maka segeralah tulis didalam komentar.

Atau adakah sesuatu yang menarik untuk sobat tanyakan kepada penulis, yang lebih keren lagi jika sobat bisa menantang penulis melakukan hal yang berkaitan dengan artikel tersebut.

Cara ini cukup efektif, tidak hanya dari sisi kulaitas blog kita yang terdongkrak, tapi kualitas kita sebagai blogger juga terangkat dan di hormati. Itulah intinya..!


6. Berkomentarlah Lebih Dari Satu Baris

Komentar dengan hanya satu kalimat atau baris tidak akan memberikan nilai apapu, jika sobat ingin mendapatkan power dari kegiatan blog walking berkualitas ini, maka berkomentarlah lebih dari satu baris.
Baca: Cara terbaik menghapus backlink spam
Komentar yang berisi nilai dan bobot untuk mendukung relevansi artikel yang di baca membuat pengunjung lain juga nyaman dan enak membacanya, inilah kenapa kebanyakan blog memberlakukan sistem moderasi komentar, karena kenyamanan pengunjung adalah prioritas.

7. Tidak Disarankan Juga Untuk Berkomentar Terlalu Panjang

Meskipun ada baiknya menulis komentar yang panjang lebar, sobat juga harus menghindari penulisan yang terlalu berlebihan dan beresiko membosankan.

Cobalah untuk melakukan penjelasan yang di maksud dengan gaya bahasa sederhana dan simpel, berikan beberapa point tapi bukan berarti sobat menulis hingga 600 kata, postingan sebenarnya hanya 500 kata malah kita berkomentar 700 kata, kan tidak masuk akal.

8. Jangan Mengulangi Kata Yang Sudah Di Tulis

Saya sendiri ketika melakukan kunjungan di blog blog masih saja melihat kesalahan ini, mereka pada dasarnya hanya mengatakan apa yang sudah di tulis sebelumnya.

Karena dengan ini, komentar sobat akan sangat sangat membosankan dan tidak berguna sama sekali, cobalah untuk memberi komentar berkualitas dengan menambahkan nilai.

atau menulis sedikit dari referensi lain yang berkaitan dengan topik artikel yang sedang di baca, berikan pendapat sobat sendiri, keluarkan ide dan bagikan informasi.

Jadilah pengunjung cerdas dan berkualitas.

9. Menanggapi Kesimpulan Dari Artikel

jika pada saat berselancar di internet, apakah pernah sobat membaca sebuah kesimpulan yang sifatnya mengajak penulis untuk berkomentar.

Contoh misalnya.

"Jika anda mempunyai pendapat lain, silahkan tulis di komentar"
"Apakah anda mempunyai tips blogging yang ingin di bagikan"
"Apakah ini pernah terjadi di kehidupan anda ? silahkan berkomentar dan bagikan ceritamu"

Dengan menanggapi beberapa kalimat penutup atau kesimpulan blog, maka kita bisa memikirkan lebih spesifik untuk berkomentar, dan mendapat kesempatan besar untuk disetujui admin.

Selalu baca kesimpulan dan periksa apakah penulis meminta sesuatu yang spesifik, jika seperti itu maka lakukan komentar yang relevan dan berkualitas dalam komentar sobat.

10. Memberi Pendapat Maksimal

Terakhir cara berkomentar yang efektif adalah dengan memberi pendapat diri sendiri.

Dari sekian point di atas adalah jangan takut untuk memberi pendapat sobat secara pribadi, jika sobat bersemangat membaca tulisan tersebut maka ungkapkan komentar dengan sedikit emosional positif.

atau dengan gaya yang semangat setelah membacanya,  saya yakin jika sobat melakukannya maka akan banyak orang melihat dan memperhatikannya.

Mengomentari blog atau melakukan kegiatan blog walking merupakan cara yang baik untuk mengembangkan traffic blog sobat, namun ini akan benar benar berpengaruh dan berfungsi jika sobat melakukan komentar yang berkualitas.

Beri pendapat sobat mengenai tulisan saya tentang cara berkomentar dengan baik di blog, atau jika sobat mempunyai ide lain yang bisa langsung di tuliskan di kolom komentar di bawah.

happy blog walking and happy blogging.

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser