Algoritma Mobile First - Cara Optimasi SEO Untuk Meningkatkan Pengunjung Mobile


Optimasi Mobile First Index Untuk Blog - Apakah sobat sadar bahwa akhir akhir ini pengguna mobile smartphone semakin meningkat, jika sobat sadar akan terus meningkatnya pengguna mobile, maka sudah saatnya kita optimasi blog dengan algoritma mobile first.

Untuk lebih meyakinkan, coba sobat jawab sendiri pertanyaan dibawah ini dan analisis hasil satatistiknya.
  • Berapa persen jumlah pengunjung yang mengunjungi blog melalui mobile ?
  • Berapa persen jumlah pengunjung yang mengunjungi blog melalui dekstop ?
  • Berapa persen jumlah pengunjung yang mengunjungi blog melalui tablet ?
Jika boleh jujur melaui tulisan ini, sebesar 45% pengunjung blog ijo gading berasal dari dekstop dan sisanya terbagi melalui mobile smartphone dan tablet.

Itu artinya saat tulisan ini di terbitkan saya mengajak sekaligus masih mengusahakan blog agar menghasilkan satatistik yang imbang.

Maksud saya bahwa saya lebih menginginkan blog ini harus lebih banyak dikunjungi melalui smartphone karena berlasan semakin meningkatnya pengguna mobile.

Pada kasusnya, bukan berarti saya tidak ingin pengguna dekstop mengunjungi blog ijo gading, tapi alangkah baiknya kita fokus memikirkan bagaimana caranya blog bisa SEO friendly baik dari sisi dekstop, mobile, dan tablet.

Ini merupakan sinyal penting bagi kita untuk memahami bahwa blog atau situs yang tidak mobile friendly akan kalah telak dalam pertarungan di mesin pencari.

Pada pembahasan ini, jika sobat salah satu pemilik situs yang mempunyai blog non mobile maka saya sangat merecomendasikan untuk segera merombak tampilannya.
Baca: Cara mendatangkan banyak pengunjug gratis tanpa biaya
Sebenarnya apa saja yang harus dilakukan untuk optimasi algoritma mobile first index

Beberapa point penting akan sangat dibutuhkan bagi sobat.

Memahami Pengertian SEO Mobile First Index

Faktanya..!!

Semakin meningkatnya persaingan di mesin pencari, maka semakin sulit bagi situs web perusahaan untuk mendapatkan traffic dari mesin pencari karena kebanyakan dari perusahaan tersebut enggan untuk mengoptimasi situs webnya agar mobile friendly.

Usaha untuk meningkatkan popularitas perusahaan seharusnya harus mengikuti aturan google yang gencar gencarnya menghimbau untuk menerapkan google mobile.

Google mobile ini muncul terdiri dari teknik pengoptimalan situs web untuk sistem mobile, namun sistem google mobile sendiri tidak seharusnya ditunjukan kepada pengguna mobile saja, tapi ditunjukan kepada keseluruhan interface dari mana pengunjung mengunjungi situs tersebut.

Teknik dasar seperti penggunaan kata kunci dan link buildink sangat dibutuhkan pada kasus ini, oleh karena itu perlu kita pertingbangkan sendiri bahwa kebiasaan pengguna mobile yang menuliskan sedikit kata kunci berbeda sekali dengan pengguna dekstop.

Perbedaan yang cukup besar ini membuat google lebih memfokuskan untuk mengembangkan algoritma mobile first index.

Mesin Pencari VS SEO Mobile

Search engine sudah berkembang sangat pesat dan sudah beradaptasi dengan teknologi baru, sistem pencarian utama dan sistem pencarian mobile lainnya sudah mempunyai mobile search engine mereka sendiri.

Samapai saat ini terobosan terbesar dalam meningkatkan pengguna adalah google mobile yang membuat akses lebih mudah seperti Gmail dan Goole maps.

Seruan google ini seharusnya kita tanggapi dengan mencoba untuk melakukan optimasi sistem seluler untuk meningkatkan pengunjung dan penjualan produk sobat dan sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik.

Dari Mana Saya Harus Memulai Optimasi Algoritma Mobile First Index ?

Pada dasarnya teknik SEO mobile ini tidak jauh berbeda dengan teknik SEO yang biasa kita lakukan.

Optimasi kata kunci, membuat anchor text berkualitas, membangun backlink berkualitas merupakan langkah awal yang harus kita lakukan dalam optimasi mobile search engine.

Perbedaan terbesarnya adalah bagaimana cara mempermudah proses index situs mobile dengan benar.

Didalam artikel ini saya mencoba untuk menjelaskan 5 cara optimasi SEO mobile.

1. Optimasi Kata Kunci Untuk Pengguna Mobile

Kembali kepada diri sendiri, jika sobat akan mencari informasi menggunakan smartphone maka saya yakin sobat akan menuliskan sebuat kata kunci di google sesimpel mungkin.

Inipun saya sadari sendiri karena untuk menuliskan kata kunci lebih panjang kita terkadang akan merasa malas, berbeda dengan pengguna desktop yang lebih mudah menuliskan kata kunci menggunakan keyboard.

Dalam optimasi seo mobile ini, penggunaan kata kunci yang lebih kecil lebih di sarankan menurut survei yang pernah dilakukan.
Baca: Menempatkan kata kunci yang benar didalam artikel
Ini masuk akal karena keterbatasan ruang yang tersedia di perangkat mobile, setelah semua itu sekarang tergantung bagaimana cara artikel kita bersaing di mesin pencari dan ini membutuhkan kualitas konten yang memberikan relevansi besar terhadap kata kunci.
Menurut Google, pencarian dengan perangkat mobile memiliki rata rata 15 karakter kata kunci yang dituliskan dikolom pencarian, dan calon pengunjung membutuhkan waktu kisaran waktu 40 detik dengan maksimal 30 kali penekanan tombol.
Maka dari itu, memaksimalkan kata kunci yang lebih pendek lebih disarankan dalam proses optimasi algoritma mobile first.

2. Membuat Anchor Text Dan Related Post Yang Relevan Dengan Artikel Yang Sedang Di Baca

Langkah selanjutnya untuk optimasi seo mobile adalah dengan membuat anchor text dan artikel terkait yang sangat relevan, kemudahan dalam menavigasi blog adalah kunci utama untuk memudahkan pengunjung blog.
Baca: Cara membuat anchor text berkualitas
Pencarian pengguna akan sangat bergantung pada situasi dimana mereka mencoba mencari apa yang sedang mereka cari, pengunjung mungkin melakukan pencarian tempat lokasi seperti rumah makan atau pun lokasi yang mereka butuhkan, melakukan pencarian filem atau menonton video yang menghibur dengan mengakses melalui perangkat mobile.

Maksud saya disni adalah, menarik untuk membuat sebuah tautan khusus yang mendukung apa yang sedang dijelaskan didalam artikel.

Misalkan sobat menjelaskan "Cara download video menggunakan internet download manager" alangkah lebih baiknya setelah sobat panjang lebar menjelaskan tutorial tersebut, sobat membuat anchor text yang mengarahkan langsung untuk dowload aplikasi Internet Download Manager tersebut.

Ini merupakan langkah yang baik untuk mencegah pengunjung melakukan penulisan kata kunci kembali di kolom pencarian, dan tentunya pengunjung merasa nyaman dengan tautan download yang sudah disediakan.

3. Peta Situs (Sitemap) Dan Struktur Blog

Didalam google web master tools tersebut terdapat banyak informasi yang menyajikan tentang kinerja blog sobat di mesin pencarian, memiliki keseluruhan bagian peta situs untuk seluler, menjelaskan struktur dan spesifikasi lainnya untuk mengkofigurasi peta situs dengan benar.

Peta situs mobile seluler hanya menyajikan URL yang hanya berisi konten web seluler, sisanya secara keseluruhan akan di abaikan oleh googlebot.

Saat ini peta situs sudah mendukung dan mendeteksi secara otomatis bahasa markup berikut :
  • WML (WAP 1.2)
  • Non-Seluler (ini termasuk sebagian besar konten)
  • Profile XHTML Seluler (WAP 2.0)
  • CHTML (iMode) 
Memvalidasi kode ini sangat penting untuk dilakukan, validasi  memungkinkan koreksi kode penuh sehingga dapat dilihat oleh perangkat apapun tanpa masalah utama.

Satu hal yang pasti adalah bahwa google selalu menggunakan "HTTP" untuk menyatakan secara eksplisit bahwa situs tersebut harus mengembalikan dokumen dengan konten seluler, bukannya malah menampilkan html standar di dalam artikel.

Jika situs sobat memiliki standar berikut, maka konten seluler akan dirayapi dengan oleh benar oleh googlebot.

4. Membuat dan melahirkan Konten Berkualitas

Ini wajib dilakukan.

membuat konten yang berkualitas merupakan syarat utama bagi kita jika ingin mempunyai traffic yang besar, namun tidak semudah itu.

untuk melahirkan dan menulis konten berkualitas merupakan pekerjaan rumah untuk semua blogger, menyajikan informasi yang relevan dan memberikan informasi merupakan langkah yang harus dilakukan dalam optimasi ini sama halnya seperti optimasi SEO pada umumnya.

Semua itu tidak ada bedanya jika sobat ingin melakukan optimasi perangkat mobile, jadi jangan buang waktu dengan hal yang tidak berguna, apalagi mencari backlink berkualitas rendah yang hanya akan menghasilkan reputasi buruk untuk blog.

Segera dapatkan ide, cari informasi yang mendukung, berselancar diberbagai forum untuk mendukung semua artikel yang akan diterbitkan, teknologi baru muncul setiap hari dan jangan jadi yang terbelakang untuk menemukannya.

5.  Proyek Percepatan Perangkat Mobile (AMP) Oleh Google

Amp adalah singkatan dari accelerate mobile page yang merupakan proyek pengoptimalan perangkat mobile ketika mengakses situs web dan ini sangat cepat yang untuk menampilkan halaman yang diinginkan tanpa loading yang lama.

Pada dasarnya proyek AMP ini memiliki 3 bagian berbeda yang lebih mengutamakan kecepatan untuk menampilkan situs web :
  • Google Amp Cache ; bagian ini hanya bersifat opsional saja, menyimpan semua halaman didalam cache AMP html server akan meningkatkan kecepatan loading halaman, cache akan disimpan diserver agar lebih mudah menampilkannya jika halaman tersebut kembali dikunjungi.
  • AMP HTML ; sebagian besar AMP HTML berbeda dengan html yang biasa digunakan, tag html nya lebih dispesifikan lagi, jika sobat tidak mengikuti aturan AMP maka akan terjadi banyak warning di dalam google web master tools.
  • AMP Javascript ; memastikan perenderan halaman AMP yang cepat, fungsi utamanya membuat asyncronous yang bersifat eksternal, sehingga tidak ada halaman yang menghalangi proses rendering halaman.
Saat melakukan penelusuran menggunakan ponsel, halaman situs web yang telah berhasil menerapkan AMP ini akan mempunyai simbol petir, dan ketika dibuka tidak ada proses loading di dalamnya yang membuat pengguna lebih cepat menerima informasi yang dibutuhkan.

Saya yakin sobat sudah pernah menemukan blog atau situs web yang sudah menerapkan AMP mobile ini, dan merasakan kecepatan akses lain dari biasanya.

Didalam blog ijo gading, saya sendiri sudah menerapkan AMP kedalam tempalate, dan ini merupakan konsekuensi saya untuk mengedit sekian banyak postingan yang tidak support halaman AMP.

Sampai disini sekian dulu sedikit pembahasan saya bagaimana cara optimasi algoritma mobile first untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Semua proses optimasi memang harus dilakukan secara bertahap dan harus bersabar dalam melakukannya.

go amp dan happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser