5 Cara Mudah Melihat Traffic Website Atau Blog Kita



Cara Melihat Pengunjung Website Atau Blog - Salah satu hal yang paling penting untuk mempertahankan perkembangan blog adalah dengan seberapa banyak jumlah pengunjung yang melihat blog kita, pengunjung merupakan faktor penting untuk website karena memang tujuan utama dari sebuah blog adalah menghasilkan ribuan pengunjung per hari.

Untuk mengecek traffic website hanya bisa kita lakukan secara online karena tools tersebut tidak bisa lepas dari koneksi internet, di dalam tools tersebut juga bisa kita gunakan untuk mengetahui apa yang di sukai oleh pengunjung (demografi), halaman mana saja yang paling sering di kunjungi hingga beberapa kata kunci yang mempunyai peringkat baik di mesin pencari.

Jika sobat seorang blogger yang lumayan pengalaman di dunia internet marketing, maka tools untuk mengetahui jumlah pengunjung sangatlah penting, selain bisa di gunakan untuk mengetahui jumlah visitor dan page view, tools check traffic website juga bisa di gunakan untuk kebutuhan seo on page.

Namun pada artikel ini saya pribadi tidak menargetkan tulisan ini kepada para blogger expert yang sudah profisional dan pengalaman di bidangnya, melainkan lebih kepada para blogger yag baru saja terjun di bidang internet marketing atau blog.
Baca: Teknik seo kadaluarsa yang bisa mengancam perkembangan blog
Dalam artikel ini sobat akan di jelaskan hanya beberapa saja tools atau website yang bisa di gunakan untuk melihat jumlah pengunjng blog baik itu per hari, per jam, maupun per bulan.

Cara Mengetahui Pengunjung Blog Atau Website

Di bawah ini saya akan merecomendasikan beberapa website tools yang umum di gunakan oleh para blogger untuk menampilkan jumlah pengunjung di blog.

Sebenarnya ada banyak website yang bisa di gunakan untuk medeteksi pengunjung blog, tapi saya hanya bisa menjelaskan beberapa saja yang paling umum.

1. Google Analytic

Google analytic merupakan salah satu produk google di bidang kebutuhan website, tools checking traffic ini cukup akurat dalam menampilkan statistik pengunjug blog kita.



Hal yang bisa di lakukan dengan google analytic ini lumayan lengkap, selain bisa menampilkan pengunjung, google analytic juga bisa menampilkan kata kunci yang mempunyai peringkat tinggi, demografi, jumlah user yang kembali, jumlah new user, browser apa yang di gunakan untuk membuka halaman, hinggal dari negara mana pengunjung blog kita tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi menu yang ada di google analytic yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan seo blog.

2. Clicky Web Analytic

Clicky ini termasuk juga web tracking layaknya website track pada umumnya, data yang di hasilkan juga cukup detail dan real, salah satu fungsi dari clicky adalah heatmaps yaitu fungsi untuk melihat data berdasarkan mouse user untuk melihat artikel mana yang paling di sukai di dalam blog sobat.



Fungsi umum yang wajib harus di miliki web track adalah on site analytic yang berguna untuk melihat total visitor blog secara keseluruhan.

3. HiStats

Histats merupakan web analytic yang cukup menarik dan mempunyai beberapa widget keren untuk dipasang pasang di dalam website kita.

Dengan histats ini kita bisa menampilkan page view, first time visitor, user online, page view per visit, average visit lenght berdasarkan tanggal yang telah kita tentukan.



namun widget histats menurut saya cukup mempengaruhi kecepatan loading blog jika di gunakan, sesuai pengalaman, widget yang kita pasang bisa mempengaruhi kecepatan blog cukup signifikan, jadi sobat bisa fikir fikit dulu untuk menggunakannya.
Baca: Menghapus script bawaan blogger untuk mempercepat loading blog

4. Stat Counter

Jika kita berbicara fungsi dari stat counter, mungkin fitur fitur yang di sediakan tidak jauh berbeda dengan web tracking pada umumnya, tapi untuk hal popularitas mungkin stats counter lebih populer oleh para blogger di dunia mengalahkan histats.


5. Yahoo Web Analytics

Yahoo web analytics merupakan salah satu situs pendeteksian pengunjung blog yang hampir sama dengan google analytic, tidak banyak perbedaan dari ke dua aplikasi tersebut.

CMS Watch Tony Byrne mengatakan kepada InternetNews.com "Jika anda mempunyai perusahaan kecil dan menengah maka interface google lebih baik digunakan, tapi jika anda berbicara perusahaan yang besar dan memiliki website yang besar maka yahoo lebih di sarankan".


Dari ke 5 jenis web tracking populer yang saya jelaskan di atas, mungkin semua mempunyai kelebihan dan tingkat kepopuleran berbeda di pangsa pasar, lebih baik menggunakan web analytic yang mudah di baca dan sobat pahami agar proses pengembangan website bisa lebih di optimalkan.

Semua keputusan ada di tangan sobat dan mana lebih nyaman di gunakan.

Sampai disini sekian dulu tulisan sederhana saya tentang 5 tools untuk Melihat Jumlah Pengunjung Di Blog, jika sobat mempunyai beberapa situs untuk menampilkan pengunjung blog yang lebih canggih bisa sharing dengan berkomentar di bawah ini.

Happy sunday dan happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser