Dampak Buruk Spin Artikel Bisa Ditendang Google

dampak buruk spinning artikel

Dampak Spin Artikel - Spinning artikel merupakan kegiatan bagi para blogger yang malas untuk membuat artikel secara original, efek negatif dari spin artikel hanya akan merugikan si pemilik blog sendiri kerena google merupakan mesin pencarian pintar yang cukup sulit untuk di bodohi dengan cara curang, seorang yang masih melakukan kegiatan spinning masih tetap terdeteksi walaupun mereka cukup rapi dalam menduplicate ide ide blog lain. 

Pada dasarnya postingan yang sangat banyak dan menumpuk di dalam blog pastinya akan membuat seorang blogger yang khususnya pemula merasa bangga, karena memang fikirnya semakin banyak postingan semakin banyak pengunjung dan blog tersebut akan semakin dikenal.

tapi pada kesempatan ini saya akan jelaskan secara lengkap seperti apa bentuk bentuk dari spinning artikel dan apa dampak bagi blog kita sendiri.

Pengertian Spinning Artikel

Definisi dari spin artikel secara garis besar adalah dengan sengaja menjeplak hasil tulisan orang lain ke situs kita, langkah langkah spin artikel ini juga bisa di artikan ke kegiatan menulis ulang artikel orang lain dengan gaya bahasa diputar putar namun masih dalam alur yang sama.

Parahnya lagi yang masih belum diketahui orang banyak bahwa kegiatan mensubmit artikel kita secara keseluruhan ke situs directory berkualitas tanpa menulis ulang isi artikel dan dengan sengaja memberikan link situs kita dibawah postingan tersebut akan membuat rangking tulisan artikel kita yang asli merosot di search result.

Cara Kerja Tool Spinner

Proses berjalannya tool spinner ini cukup pintar namun masih tetap ketahuan jika dibaca oleh manusia karena secara susunan kata akan terlihat aneh dan berantakan, tool tersebut bekerja dengan mengcopy seluruh tulisan artikel dan membuat persamaan sinonim dari seluruh kata kata dalam artikel yang di targetkan, namun dalam kasus ini saya pribadi masih belum pernah menemukan tool spinner yang memang bekerja secara sempurna, jika ia mungkin telah di edit sana sini.

Sebenarnya jika dilihat, cara kerja tool spinner ini sangat cepat dan menghasilkan tulisan kurang dari 10 menit dibandingkan kita menulis secara mandiri, tapi tenang saja hasil dari tool robot ini jauh dari kata readable dan jauh dari kata unik.

Namun jika sobat masih bersikeras untuk menggunakan tool spin maka saya sarankan tetap berhati hati dan selalu mengecek gaya bahasa tulisan mksud dan tujuannya, karena jika tidak semua makna kalimat dari tool ini akan aneh dan memutar mutar tidak jelas.

Naaah... untuk menghindari artikel kita dari praktek spinner maka banyak dari para blogger melindungi tulisannya dengan cara mengunci tulisan supaya terhindar dari copy paste dan beberapa cara yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Contoh Kegiatan Spinning Artikel

Dalam contoh kasus ini saya adalah anggap saja saya seorang spinning artikel, dengan berniat mencari backlink powerfull maka saya pertama membuat tulisan dengan karya sendiri yang cukup unik dan enak di baca untuk saya posting kedalam blog kesayangan.

Namun setelah saya memposting tulisan saya tersebut maka dengan niat baik saya menjadikan keseluruhan tulisan artikel saya tadi ke dalam format pdf untuk saya upload ke academia.edu agar dengan artikel tersebut blog saya mendapatkan backlink karena didalam tulisan yang menjadi pdf saya selipkan link aslinya.

Tanpa kita sadari pun kegiatan seperti itu merupakan kegiatan spin artikel karena hasil tulisan yang kita posting di blog sama persis dengan apa yang kita upload beberbentuk pdf ke academia, secara tidak langsung maka lambat laun posisi artikel kita yang asli akan tergeser oleh artikel di academia karena secara page authority (PA) dan domain athority (DA) blog kita tertinggal jauh.

Contoh kasus selanjutnya adalah dengan menulis ulang tulisan dari blog lain namun degan penyusunan kata yang kurang baik dan kalimat prase yang hampir mirip walapun kita sudah memutar mutar susunan artikelnya, kegiatan ini tetap akan terdeteksi oleh google bahwa kita telah mengcopy artikel tersebut karena google sendiri menyukai artikel yang bersifat fresh dan segar.

Dampak Negatif Kegiatan Spinning Artikel Blog

Efek buruk yang dihasilkan akibat terlalu sering melakukan kegiata spin salah satunya adalah susah mempertahankan rangking blog, oleh karena itu di bawah ini saya akan sebutkan satu persatu.

Berdampak buruk terhadap kredibilitas blog

Menciptakan kredibilitas dalam blog merupakan faktor yang sangat penting agar blog kita tetap diingat dan selalu mempunyai pengunjug setia, perlu diingat lagi atau yang masih belum tau sebenarnya apa sih kredibilitas itu ? 

Kredibilitas adalah kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan, sesuai dengan artinya maka penting bagi kita untuk menciptakan blog yang bisa menimbulkan kepercayaan pengunjung, tapi jika kita hanya bisa copy paste dalam membuat artikel ataupun hanya melakukan spinner maka sudah di pastikan tulisan sobat tidak mempunyai maksud yang kuat.

Lalu bagaimana jika artikel yang sobat gunakan sebagai acuan adalah artikel yang menyesatkan ? bisa menjadi agen penebar kebohongan yang abadi, bukan tambah percaya melahan blog sobat di cap sebagai blog kacangan.

Posisi artikel mudah di geser artikel lain

google merupakan mesin pencarian yang pintar dan selalu mengedepankan kualitas artikel untuk di tampikan di halaman 1, posisi artikel yang mudah di geser karena seperti kata di atas bahwa artikel hasil spin hanya lolos 50% saja jika di seleksi dengan copyscape dan rentang terjadi duplicate artikel.

Susah naik ke page one

kebiasaan kita untuk memposting ulang tulisan yang sudah di posting di blog untuk di upload kembali ke artikel directory seperti wikipedia, academia ataupun subcribe merupakan langkah yang hanya menjatuhkan sendiri kualitas blog di mata google, sobat tau sendiri bahwa authority sebuah situs merupakan salah satu faktor untuk menentukan rangking di search result.

maksudnya seperti ini, jika sobat menulis ulang persis sama tulisan blog yang sudah di posting di situs situs directory bekualitas maka sudah di pastikan sobat melakukan spinner artikel karena sudah jelas authority blog directory lebih besar dari pada blog kita yang tergolong baru.

Ditendang Oleh Google

Terlalu banyak artikel hasil kopasan dan hasil spinner biasanya akan berdampak buruk sekali terhadap blog kita karena algoritma google yang mengedepankan ke unikan artikel, secara logika saja jika terlalu banyak artikel spinner maka lambat laut blog akan tenggelam dan bisa terkenan google sandbox atau deindex.

Oke demikian tulisan saya tentang Dampak Buruk Spin Artikel ini yang harapannya supaya bisa menambah wawasan sobat di dunia blogging.

Happy wtiter and happy blogging

Share this

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Dampak Buruk Spin Artikel Bisa Ditendang Google"

  1. Pernah juga mencoba spinner.. Dan terkadang juga masih pakai.. Itupun kalau lagi sibuk kerja bener.. Hehehehe... Emang jika kita lihat sekilas artikel memang unik, dan bila dicek memang unik.. Tapi ada juga jika kita cek disebuah situs cek plagiat yang saya lupa kemaren alamatnya, tampak jelas kalau artikel tersebut masih terdeteksi plagiatnya.. Itulah juga kenapa sekarang jarang pakai.. Hehehehe..
    Sepandai pandainya tupai melompat pasti jatuh juga.. Jadi juga hambau nih bagi temen2 yang masih ngelakuin ini bisa dihentikan atau dikurangi seperti saya..
    Btw ok punya penjelasannya mz.. Jadi bisa lebih waspada lagi temen lainnya..
    Makasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah membagi pengalamannya mas.. tidak sperti membalikan telapak tangan, mengolah blog juga butuh kerja keras

      Hapus