Mohon maaf jika ada tampilan dan menu yang error, karena template masih dalam perbaikan

Cara Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel Dengan Benar


Cara Menempatkan Kata Kunci Dalam Artikel- Meletakan kata kunci (keyword) sebelum memposting artikel itu ada banyak tempat, dan kegiatan seperti ini merupakan bagian dari salah salah kegiatan seo on page pada artikel, banyak sekali tips dan trik yang dilakukan para blogger senior untuk menempatkan kata kunci agar artikel yang di publikasikan mampu dalam halaman satu mesin pencari.

Sebelum sobat mulai menulis artikel maka salah satu yang tidak kalah peting untuk dilakukan adalah mencari kata kunci untuk ditempatkan kedalam artikel, ada banyak cara riset keyword dalam mencari kata kunci, bisa menggunakan tool gratisan hingga berbayar.

Hati hati dalam memilih kata kunci karena jika salah memilih kata yang mempuyai volume pencarian kecil dan jarang dicari oleh pengguna maka tamatlah artikel tersebut akan sepi pembaca.

Dibawah ini jika sobat mengalami kesulitan menempatkan dimana seharusnya kata kunci (keyword) tersebut, maka di dalam artikel ini sobat akan diajarkan teknik optimasi dengan baik.

Sebelum saya masuk ke dalam penempatan keyword yang baik, maka dibawah ini saya sedikit menjelaskan cara membuat judul terlebih dahulu.

Tips Membuat Judul Yang Baik

Judul merupakan bagian yang paling utama dibaca oleh mesin pencari, bagian judul ini akan menentukan tingkat relevansi antara kata kunci yang ditulis calon visitor dengan artikel sobat.

Langkah utama yang harus sobat lakukan sebelum membuat judul adalah menentukan kata kunci artikel yang baik dari 2 sampe 3 suku kata, contoh misalkan kata kunci yang kita ambil "Optimasi Blog", dari kata kunci tersebut kita harus menciptakan long tail keyword yang terdiri 3 sampai 6 suku kata agar tercipta judul menarik dengan kata kunci tersebut.

Contoh long tail keyword dari kata kunci "Optimasi Blog"
  1. Panduan Optimasi Blog Untuk Pemula Hingga Mahir
  2. Tips dan Trik Optimasi Blog Untuk Blog Baru
  3. Optmasi Blog Dengan Baik Dan Benar Dijamin Page One
  4. Cara Berkualitas Optimasi Blog Baru Agar Page One
  5. 10 Langkah Optimasi Blog Profisional
  6. Dan Kembangakan lagi seindiri.... .....
Nah setelah kita mendapatkan beberapa long tail keyword lalu silahkan pilih salah satu untuk dijadikan judul yang menurut sobat menarik dan meningkatkan minat kilk calon pengunjung.

Dari referensi yang saya baca (data valid dari moz tentang title tag) menyebutkan bahwa judul yang baik adalah judul yang menempatkan kata kuncinya didepan.

Sesuai dengan penelitian dari Moz bahwa judul yang baik itu sesuai dengan nomor 3 "Optmasi Blog Dengan Baik Dan Benar Dijamin Page One" yang menempatkan kata kunci didepan judul.

Setelah pahan cara membuat judul maka langkat selanjutnya adalah dimana kita harus menempatkan kata kunci tersebut didalam artikel.

Tempat Meletakan Kata Kunci Dalam Artikel 

Untuk mendapatan hasil maksimal dalam membuat artikel, sebaiknya sobat membaca tulisan saya ini dengan baik agar apa yang di ajarkan bisa langsung dipraktekan didalam artikel atau optimasi ulang artikel yang sudah pernah di posting.

Berikut di bawah ini tips jitu peletakan kata kunci yang baik agar artikel lebih seo friendly.

1. Letakan Kata Kunci Pada Judul Postingan

Judul adalah tempat yang wajib untuk menempatkan kata kunci, dan ini tidak boleh dilupakan, akan sangat tidak tidak baik sekali jika sobat menargetkan kata kunci tapi tidak sobat letakan pada judul artikel.

Hal tersebut sangat bertentangan dengan teknik seo mana pun.

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa usahakan ketika membuat judul tersebut untuk meletakan keyword pada awal kalimat,  ini sangat direcomendasikan oleh pakar seo pada umumnya.

Setelah membuat judul sebaiknya sobat koreksi kembali karena untuk membuat judul ada beberapa aturan sebagai berikut.
  • Jangan membuat judul yang sama persis didalam satu blog, karena hal ini akan terjadi duplicate konten oleh google dan itu sangat tidak baik di mata search engine.
  • Usahakan tidak membuat kata kunci yang sama dalam satu judul.
  • Gunakan long taik keyword 3 sampai 6 suku kata dalam membuat judul.
  • Dan pastinya judul tersebut harus relevan dengan isi artikel yang sobat tulis dibawahnya

2. Menempatkan Kata Kunci Pada Bagian Title, Alt, Dan Judul Gambar

Salah satu cara dalam optimasi gambar didalam artikel adalah dengan mengisi title, Alt, dan judul gambar dengan kata kunci yang kita bidik.

Penempatan kata kunci dibagian gambar ini cukup amuh untuk menampilkan gambar dari artikel dibagian pencari image google, untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca postingan saya sebelumnya dibawah ini.
Baca: 5 Cara Jitu Optimasi Gambar Artikel Seo

3. Meletakan Kata Kunci Pada Bagian Url Artikel

Penulisan url ini menjadi tempat yang baik untuk keyword bidikan, tempat ini cukup baik untuk kita letakan kata kunci agar tercipta artikel berkualitas dan seo friendly.

Url halaman yang baik adalah url yang mengandung kata kunci dan juga pendek, agar url menjadi seo maka ciptakanlah url halaman sependek mungkin yang mudah diingat dan mengandung keyword, sebagai contoh di bawah ini misalkan ; 

Contoh yang baik
Judul Artikel : Cara Membuat Artikel Berkualitas
Url : http://www.ijo-gading.com/2017/06/membuat-artikel-berkualitas.html

Contoh yang tidak baik
Judul artikel : Cara Membuat Artikel Berkualitas
Url : http://www.ijo-gading.com/post?page=21009/2017/06/cara-membuat-artikel-berkualitas.html

Dari contoh tidak baik yang saya buat terlihat link url yang terlalu panjang dan tidak telihat mudah dibaca, url tersebut juga akan berpengaruh terhadap seo onpage yang kita terapkan kedalam artikel dan tidak disarankan.

Jadi semakin buruk url dimata manusia maka akan semakin buruk juga dimata search engine.

4. Mengembangkan dan Menyebar Kata Kunci Dalam Artikel

Untuk memperkuat kata kunci yang sobat targetkan adalah dengan cara menebarnya didalam artikel yang sobat tulis, namun dalam cara ini sobat harus pintar dalam merangkai kata kata agar enak dibaca.

Disini saya siapkan beberapa tips yang biasa saya gunakan agar tidak terjadi keyword spamming dan lebih mudah dalam merangkai kata.
  • siapkan long tail keyword sebanyak banyaknya seperti yang sudah saya jelaskan diatas
  • cari setiap persamaan kata dari judul yang tercipta contoh "Membuat artikel berkualitas", untuk caranya coba sobat cari persamaan dari kata "membuat", "artikel", dan "berkualitas", jika kesulitan, sobat bisa menggunakan tools Persamaan Kata agar lebih cepat mencari persamaanya.
  • Perhitungkan juga jumlah kata kunci yang di gunakan
Untunk mengetahui jumlah kata kunci ideal dalam satu artikel mungkin sobat bisa membaca artikel saya jumlah kata kunci yang ideal dan disarankan dalam satu artikel ini.

5. Menggunakan Tag Heading (H1, H2, H3, H4, H5, H6) Untuk Menempatkan Kata Kunci

Fungsi dari heading tag ini bisa digunakan untuk meletakan kata kunci turunan yang sudah kita buat sebelumnya, tag heading ini cukup ampuh untuk memperkuat kata kunci yang kita targetkan agar nilai relevansinya bertambah dan artikel kita lebih mudah muncul.

Yang miris saya lihat di group group optimasi facebook adalah masih ada saja yang belum mengetahui apa itu heading tag dan cara menggunakannya.

Pada artikel ini akan saya jelaskan apa itu heading tag dan cara menggunakannya.

Heading tag adalah sebuah kode html yang kita gunakan untuk mengatur tingkatan judul dalam artikel, namun penggunaan heading tag sangatlah mudah dan kita tidak perlu menuliskannya secara manual menggunakan kode html.
  • H1 (Diperuntukan untuk membuat judul blog, atau judul artikel)
  • H2 Heading (untuk membuat point penting dalam artikel)
  • H3 Sub Heading (sub judul dari heading)
  • H4 Minor Heading (sub judul dari sub sub heading)
pada umumnya memang yang lebih sering digunakan adalan tag H1 sampai dengan H4 saja dalam membuat artikel dan ini sudah cukup seo jika diterapkan dalam blog masing masing.

Berikut cara membuat heading tag didalam platform blogspot dan gunakan heading tag dengan bijak sesuai pembahasan isi artikel.


6. Menggunakan Internal Link Untuk Menulis Kata Kunci

Selain sebagai cara yang baik untuk mengatasi bounce rate yang terlalu tinggi, menempatkan kata kunci menggunakan internal link juga cukup baik untuk memperkuat kata kunci (keyword) artikel didalam blog.

Tapi sebelum sobat meletakan atau membuat internal link pastikan link yang sobat buat selalu relevan dengan artikel tempat sobat membuat internal link.

Hindari terlalu sering membuat internal dengan anchor texk kata "klik disni", "baca selanjutnya", "click here" dan kata kata yang tidak relevan untuk digunakan.

buatlah internal link dengan kata kunci bidikan yang sesuai dengan artikel yang dituju.

7. Tempatkan Juga Kata Kunci Didalam Meta Description

Terakhir sebelum sobat publikasikan artikel pastikan deskripsi artikel tersebut sudah terisi dengan kata kata singkat padat dan jelas, selipkan beberapa kata kunci yang sobat targetkan didalamnya.

Belajar membuat deskripsi yang membuat pembaca penasaran agar calon pengunjung tertarik membuka artikel yang sobat tulis.


sebelum membuat atau mengisi meta description harap perhatikan hal berikut ;
  • Jangan mengulang kata kunci lebih dari 3 kali
  • Membuat deskripsi dengan singkat padat jelas dan pastinya relevan dengan isi artikel.
  • Jangan cobat coba menipu calon pengunjung dengan deskripsi yang tidak relevan dan berlebihan
  • Isi deskripsi tersebut tidak lebih dari 165 karakter
Sampai disini itu lah yang biasa saya lakukan untuk mengoptimasi artikel dan cara saya menempatkan kata kunci Dalam artikel agar artikel yang saya terbitkan bisa di posisi halaman satu google.

Banyak faktor dari google blog tersebut bisa selalu halaman satu google, mungkin point diatas yang saya bahas adalah salah satu usaha kita untuk membuat blog bisa bersaing ketat dengan blog lain.

Selamat mencoba dan happy bloging

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser