7 Dampak Negatif Sering Mengganti Template Blog


Sering Mengganti Template Blog
- Kadang kadang jika kita sedang berselancar di internet maka kita sering menjumpai beberapa tampilan situs yang ringan, keren, dan enak dilihat, Untuk memberikan hasil pengalaman maksimal kepada pengunjung blog maka tidak sedikit dari para blogger sering mengganti template blog dengan yang lebih baik menurutnya.

tidak hanya itu, sebuah tema blog juga termasuk kedalam SEO On Page agar pengunjung betah membuka setiap halaman blog sobat.

Template blog yang enak dilihat, mudah di navigasi, warna yang tidak mencolok dan pastinya fast load lebih membuat pengunjung blog sobat betah berlama lama di dalamanya.

Ketika visitor blog sobat berlama lama dan membuka lebih dari satu halaman didalam blog itu akan melahirkan skor bounce rate yang sangat baik.

skor bounce rate yang baik akan memberi sinyal kepada google bahwa blog sobat ditandai blog yang berkualitas dan pantas setiap artikelnya di munculkan di halaman satu google di setiap kata kunci.

Tapi dalam pembahasan ini saya tidak condong ke dalam pengertian bounce rate yang lebih detail, melainkan memberi tau sobat semua bahwa terlalu sering mengganti template itu tidak baik bagi website sobat.

Sering Mengganti Template Blog itu Tidak Baik

Jika sobat ingin memperbaharui template blog maka sebaiknya fikirkan dulu dampak yang akan diterima oleh blog sobat, Apa saja efek buruknya ? mari kita bahas satu satu dibawah ini.

1. Menurunnya Visitor Blog

Sudah pasti.

Suatu blog yang terlalu sering mengganti templatenya akan mengalami penurunan visitor dikarenakan robot crawl kembali mengindeks ulang struktur tema yang kita pakai.

hal ini menyebabkan setiap artikel yang kita terbitkan kembali sulit muncul di pencarian karena robot pencarian kebingungan di karenakan template blog yang baru, dan akan membutuhkan waltu lagi dalam mengumpulkan data blog kita.

Pengunjung yang kebetulan membuka blog kita juga akan dibuat kebingungan dengan widget yang masih berantakan dan terlihat tampilan blog yang masih belum siap.

2. Blog Sulit Berkembang

Robot crawler atau web spider itu bertugas untuk merayapi keseluruhan data seperti informasi dari suatu blog. robot crawl dapat menggali keseluruhan informasi termasuk didalamnya meta data, meta keyword, dan berbagai macam informasi lainnya.

Namun jika kita terlalu sering mengganti tema blog maka sudah barang tentu berbagai macam informasi yang didapat dari blog kita akan berubah dan robot crawl akan mengcrawl ulang blog kita bahwa data yang sudah pernah di dapat benar dan tidak berubah.

Oleh karena itu blog yang keseringan mengganti tema akan sulit berkembang dan artikel yang ada di dalamnya sulit kembali muncul di SERP.
Baca: Persiapan membuat artikel Seo friendly

3. Menurunnya Nilai SEO

Menurut para pakar diluar sana ketika kita mengganti template blog, maka nilai SEO yang ada di blog kita akan menurun kembali.

Hal ini di sebebkan robot crawler kembali mengcrawl ulang struktur template yang kita gunakan, dan mencoba mencari kecocokan antara struktur data yang dulu dan yang sekarang.

....tentunya hal ini cukup memakan waktu kurang lebih satu minggu.

4. Membuang Buang Waktu

Pasti. !

Mengganti template itu sesuatu yang tidak mudah dan tidak sebentar.

Ketika sobat memperbarui tema yang sudah ada, maka hal yang harus di lakukan adalah mengatur kembali struktur html, edit script css agar blog lebih ringan, mengatur widget dan memindahkan semua kode vrifikasi seperti google analytic atau pun adsense.

Langkah langkah tersebut memakan waktu yang tidak sebentar, maka dari itu akibat yang akan diterima tentu membuang waktu percuma.

Waktu berharga yang seharusnya sobat gunakan untuk membuat artikel untuk memperbanyak konten, promosi blog dan aktivitas lainnya malah terbuang percuma untuk mengedit template baru.

5. Melelahkan

Dampak buruk selanjutnya adalah melelahkan.

Ketika blog sobat menggunakan template baru, saya rasa masalah kecepatan loading akan tetap harus di perbaiki.

Sobat tau sendiri bahwa untuk melakukan improvisasi template agar loadingnya lebih cepat memakan waktu yang tidak sebentar dan sangat melelahkan.

maka dari itu dampak yang sobat akan rasakan adalah melelahkan sekali.
Baca: Mengetahui skor kecepatan template blog

6. Bimbang

Bagi blogger pemula yang selalu kagum atas ilmu yang baru didapat di dunia blogger pasti akan menggonta ganti widget tanpa tau lebih banyak arti dari widget tersebut.

alasannya haya satu ialah Keren atau kurang keren

...di dalam dunia blogging tampilan blog yang enak dilihat juga sangat disarankan, tapi hal tersebut tentunya harus difikirkan bahwa apa yang sobat pasang di template tidak memberatkan loading blog.

Oleh karena itu bimbang adalah konsekuensi yang sudah pasti dirasakan karena ingin ini dan itu.

7. Menjadi Berantakan

Akibat terakhir yang dirasakan ketika terlalu sering mengganti template adalah membuat blog sobat berantakan.

Bentuk template yang berantakan ini di sebabkan karena sobat masih mencari kesesuaani antara tampilan yang ini dan yang itu.

ketika visitor setia sobat datang dan mencari artikelnya akan melihat tampilan blog yang tidak enak.

Pengunjung akan merasa kecewa karena di buat bingun dengan navigasi baru dan belum jelas. belum lagi masih terdapat halaman kosong karena sobat belum selesai dalam mengedit beberapa url halaman yang ada di menu bar.

Lantas apa alasan blogger sering mengganti template blog ??

Alasan Umum Seorang Mengganti Template

Dibawah ini saya sebutkan beberapa alasan kenapa seorang blogger mengganti tema di blognya, dan memang harus dilakukan.

1. Loading Yang Sangat Lambat

Harus di akui bahwa kita hidup di negara yang kecepatan internetnya paling lambat di dunia memang harus melakukan sedikit kerja keras agar template blog yang kita pasang mempunyai kecepatan loading yang mumpuni walawpun di akses menggunakan sinyal internet yang lambat.

Mengolah script dan mengurangi beban loading blog adalah langkah yang harus dilakukan agar setiap halaman yang di buka tersa ringan dan pengunjung tidak mempunyai waktu yang lama untuk menunggu loading.
Baca: Meningkatkan Kecepatan Blog dan Kompres Css Agar Tidak Membebani Loading Blog

2. Struktur Data Rusak

Jika sobat telah mendaftarkan blog ke webmaster tools, maka disana terdapat menu untuk mengetahui kesehatan struktur data template.

Struktur data ini juga bisa saja di jadikan acuan google bahwa blog sobat tidak mengalami error yang menyebabkan SEO blog menurun. dan hal ini sering terjadi karena memang struktur script tea yang berantakan.

3. Tampilan Yang Bagus


Tampilan yang bagus ? Menurut saya ini alasan konyol.

Biarkan saya menjelaskan sedikit opini saya sendiri.

Seorang yang memutuskan untuk terjun ke dunia blogger pastinya memiliki langkah langkah tepat dan perancanaan yang matang dari segi pemilihan niche blog hingga pemilihan template yang tepat.

Sikap profisional seperti itu akan melahirkan blog yang mempunyai otoritas bagus di mata pengunjung karena terkesan konsisten.

Jadi saya harap sobat pilihlah template yang cepat, menarik, mudah dan jangan pernah mengganti tema lagi.

pastikan sobat telah melihat hasil review tema yang digunakan disitus resminya atau di forum forum.

Setelah mengetahui beberapa alasan mendasar kenapa para blogger harus mengubah tema di blognya, maka saya akan jelaskan akibat negatif sering mengganti template blog.

Menurut pendapat para pakar seo dan master master diluar sana menjelaskan bahwa terlalu sering memperbaharui template blog sangat tidak di anjurkan.

...apalagi blog yang sedang berkembang dan terbgolong baru, yaaa jika blog sobat sudah mempunyai ribuan pengunjung perhari maka sah sah saja. tapi tetap ada resikonya.

Beberapa blogger yang sudah lama bergelut di dunia blog pastinya sudah paham efek yang akan diterima jika kerap merombak tema yang sudah ada.

Bagi siapa saja yang masih sering gonta ganti tampilan blog akan merasakan dampak yang cukup tidak enak dan mendalam. hehehe

Saya pribadi pun pernah merasakannya karena terpaksa harus mengganti tema blog yang kurang responsive. itu jelas harus saya lakukan karena blog saya pribadi ini tidak responsive jika di akses melalui seluler.

Sampai disni sekian dulu pembahasan saya tentang Dampak Negatif Sering Mengganti Template Blog, semoga apa yang saya paparkan berdasarkan pengalaman pribadi bisa membantu pertimbangan sobat ketika ingin merombak template yang sudah ada.

Hati hati dan happy blogging

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser