Cara Efektif Mengatasi Deskripsi Penelusuran Hilang Pada Artikel Blog

Cara Mengatasi Deskripsi Penelusuran Hilang

Cara Efektif Mengatasi Deskripsi Penelusuran Hilang Pada Artikel Blog: Entah kapan kita merubah pengaturan blog hingga tiba tiba saja deskripsi penulusuran blog menghilang.

Tentu saja hal itu akan menyebabkan tidak maksimalnya artikel kita muncul di mesin pencari. karena deskripsi tersebut menjadi point penting artikel kita mendapatkan klik dari pengunjung.

Deskripsi penelusuran tersebut biasa disebut meta deskripsi (bahasa html) sebenarnya pada tahun 2009 sudah tidak menjadi faktor penting lagi di algoritma google, walaupun demikian hal itu tidak bisa semata mata harus ditinggalkan karena meta deskripsi masih berperan penting meningkatkan klik artikel atau Click Trough Rate (CTR).

Deskripsi Penelusuran adalah kalimat yang berisi penjelasan singkat mengenai isi keseluruhan artikel, sudah jelas jika kita tidak memanfaatkan hal tersebut maka tingkat minat dari calon visitor sobat akan menghilang.

Gambaran sedikit tentang keseluruhan artikel ini juga penting karena dari hasil pencarian google tidak sedikit yang menggunakan judul yang sama dengan judul yang sobat ambil, maka dari itu dengan menggunakan pembeberan singkat tentang artikel membuat artikel kita lebih bersaing.

Pastikan juga untuk membuat paparan artikel yang menggoda dan sedikit menggelitik si calon visitor untuk mengunjungi artikel yang di buat.

tapi jika sobat memanfaatkan hal ini dengan maksimal maka si calon pengunjung akan membaca sedikit penjelasan dan mempertimbangkan apakan akan membuka artikel sobat atau tidak.

deskripsi penelusuran di pencarian google

dari gambar di atas, kalimat yang saya beri kotak merah tersebut adalah deskripsi penelusuran dari artikel yang bisa di baca oleh calon visitor jika artikel sobat muncul di pencarian google.

Sobat bisa membuat penjelasan singkat di deskripsi yang sudah di sediakan oleh blog untuk menyematkan kata kunci dan sedikit penjelasan tentang isi dari  keseluruhan artikel.

Namun jika sobat ingin menyempurnakan definisi artikel maka sangat di anjurkan mengisi deskripsi tersebut tidak lebih dari 155 karakter.

Kenapa? karena kata yag muncul di pencarian google tidak lebih dari 155 karakter.

Lantas bagaimana jika deskripsi penelusuran tidak ada saat kita membuat artikel ? naah !

deskripsi penelusuran hilang

Seperti yang dilihat dari gambar di atas bahwa saya juga pernah mengalami kehilangan fasilitas untuk menulis deskripsi blog.

ketika mencoba untuk melihat artikel saya di mesin pencari bahwa benar juga penjelasan singkat dari artikel tidak muncul.

maka dari itu setelah saya mendapati biang masalahnya saya putuskan untuk membuat artikel tutorial ini.

Cara Mengatasi Deskripsi Penelusuran Yang Menghilang

Sebenarnya mudah saja untuk mengatasi hal tersebut.

Deskripsi dari artikel menghilang bukan karena tag meta deskripsi di template terhapus, karena pada saat ini setiap tema yang dibuat selalu menyertakan tag meta deskripsi untuk keperluan seo on page.

Namun deskripsi pencarian tiba tiba saja tidak ada karena pengaturan yang ada di setingan blog berubah.

Cara mengtasinya cukup mudah.

Pertama login dulu ke akun blog masing masing,
Kedua masuk ke setting > Prefensi penelusuran > Tag meta deskripsi

settingan blog tag meta deskripsi

Ketiga silahkan sobat aktifkan teg meta tersebut dan beri sedikit deskripsi tentang keseluruhan apa yang di bahas didalam blog sobat.

tag meta deskripsi


Selanjutnya coba sobat lihat di editor blog pada saat menulis artikel blog, apakah deskripsi penelusuran sudah ada disana.

deskripsi penelusuran sudah muncul

jika memang deskripsi sudah di aktifkan saya pastikan fasilitas untuk menulis deskripsi telah muncul dan artikel sobat ketika muncul di pencarian googla akan berisi penggalan kata deskripsi di bawah judul.

Tag Meta Deskripsi

Seperti yang sudah saya paparkan di atas bahwa tag meta deskripsi sudah tidak menjadi penentu rangking faktor oleh google.

namun hal ini sangat tidak baik jika sobat berniat ingin membagikan artikel ke media sosial seperti facebook misalnya.

jika sobat tidak menyertakan deskripsi artikel maka artikel yang sobat share hanya memunculkan kata judul saja tanpa ada sedikit penjelasan di bawah judul tersebut.
Baca: Gambar tidak muncul saat share artikel di fb
Oleh karena itu semua keputusan berada di tangan sobat untuk menyertakan meta deskripsi atau tidak pada setiap artikel yang di terbitkan.

Sebelum saya akhiri maka ada baiknya sobat untuk mengecek tag meta deskripsi di dalam template blog bahwa tag tersebut sudah ada.

cari tag meta tersebut di antara <head></head> yang biasanya terletak di bagian atas

<head>
<meta name="description" content="deskripsi dari artikel anda">
</head> 

Sampai disini demikian dulu tips yang saya berikan tentang Cara Mengatasi Deskripsi Penelusuran Hilang Pada Artikel Blog yang semoga bisa mengatasi masalah yang sobat hadapi saat ini.

Terus menulis dan happy blogging.

Share this

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Mengatasi Deskripsi Penelusuran Hilang Pada Artikel Blog"

Posting Komentar