Cara Konversi bilangan Desimal, Hexadecimal, Biner, Oktal


Cara Konversi bilangan Desimal, Hexadecimal, Biner, Oktal: Pada tingkat yang lebih lanjut, mengkonversi bilangan desimal ke jenis bilangan yang lainnya itu sangat lah penting di berikan kepada mahasiswa.

Terlebih lagi siswa jurusan teknik informtika, sistem informasi dan jurusan lainnya yang dimana mata kuliahnya mengandung unsur pemrograman.

Dalam dunia pemrograman, belajar teknik konversi sangat di perlukan dan merupakan salah satu mata kuliah bersyarat dalam jurusan tersebut.

Tapi sebelum ita memasuki cara konversi bilangan tersebut, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu bilangan desimal, bilangan biner, bilangan hexadesimal, dan bilangan oktal ?


Pengertian Bilangan Desimal, Biner, Hexadecimal, dan Oktal 

Desimal adalah sebuah bilangan yang berjumlah sepuluh dan dimulai dari 0 sampai 9. Untuk bilangan selanjutnya hanyalah kombinasi seperti 1 dan 1 = 11,4 dan 5 = 45, 1 dan 2 = 12, 2 dan 3 = 23, 8 dan 7 = 87, dst.

Biner adalah sistem nomor yang di gunakan oleh perankat digital sperti computer, pemutar CD dll. Biner itu sendiri hanya terdiri dari 2 angka saja yaitu 0 dan 1 yang biasa disebut bahasa mesin.

Hexadesimal adalah sistem bilangan yang terdiri dari 16 digit yang merupakan sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F, yang artinya huruf A bisa di artikan angka 10. Bilangan Hexadecimal ini merupaka dasar permograman berbasis bahasa mesin.

Oktal adalah bilangan yang terdiri dari 8 digit angka yang di mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Konversi Sistem Bilangan Oktal berasal dari Sistem bilangan biner yang dikelompokkan tiap tiga bit biner dari ujung paling kanan (LSB atau Least Significant Bit).

Memang jika dilihat dari pengertiannya ya terlihat sulit, tapi memang begitu, jika kita mau belajar insya allah bisa lebih paham.

Untuk para mahasiswa TI bilangan di atas memang tidak asing lagi, bahkan mahasiswa dituntut bisa mengkonfersinya, misalnya biner ke desimal, hexadesimal ke oktal, desimal ke biner, desimal ke hexadesimal, oktal ke hexadesimal.

Namun pengalaman saya waktu dulu kuliah, belajar sistem konfersi bilangan ini ada dalam materi sistem digital yang pernah saya share Sistem Digital : Sejarah dan Latar Belakang Sistem analog dan Digital dan Gerbang logika dasar sistem digital.

Naaah jika sobat bingung mengkonfersi bilangan tersebut, disni saya akan share tabel konversi biangan tersebut. Tapi tetap saja ada batasnya hingga bilangan desimal 1024.

Silahkan disedot gan Tabel konfersi bilangan

nah demikian dulu ya untuk postingan hari ini tentang Cara Konversi bilangan Desimal, Hexadecimal, Biner, Oktal, namun tetap lebih baik jika sobat sekalin mampu mengkonversi bilangannya secara manual.

selamat belajar dan selamat beraktifitas yaaa.

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser