dasar dasar website: dasar dalam pemrograman berbasis web untuk pemula


dasar dasar website: dasar dalam pemrograman berbasis web untuk pemula: Pagi hari ini saya tertarik mengenai materi pengenalan website. kebetulan juga saya mempunyai catatan bekas kuliah dulu. Bagi para sobat yang ingin belajar mengenal pembangunan website, alangkah baiknya kita membahas hal paling dasar dulu. 

Sebelum membuat website yang paling pertama kita lakua adalah membuat webserver sendiri dulu atau membuat server local dikomputer sendiri agar kita bisa lebih mudah membuatnyaa, biasanya saya sih menggunakan aplikasi xampp untuk serverlocalnya. 

Xampp adalah sebuah paket aplikasi dalam pembuatan website yang isinya meliputi Execution pada sistem oprasi.

Apache sebagai webserver, Mysql sebagai database,  Php untuk membaca bahasa pemrograman, dan Perl (Practical Extraction and Report Language) bahasa pemrograman dalam komunikasi client dengan server, perl memprogram CGI. 

Nah dengan adanya xampp yang terinstal di laptop kita maka kita sudah bisa membuat serverlocal sendiri di computer. Untuk aplikasi xampp ini sobat yang baru ingin belajar dalam pembuatan website bisa mendownloadnya secara gratis di website resminya. 


Arsitektur Web
Setelah mengetahui xampp maka seperti apa sih proses arsitektur web itu, pertama user mengetikan Url di browser lalu browser dengan cepat menghubungi server bahwa ada Url yang di masukan dan browser juga mengirimkan HTTP response setelah diterima dan diproses maka browser akan menampilkan semua isi halaman. 

Tapi tanpa kasat mata, proses yang dilakukan itu dalam hitungan detik kan yaa.. yaa tergantung sinyal internet sobat aj, namun jika di server local itu terjadi sangat cepat dikarnakan kita tidak membutukan sinyal internet.

Sisi pembuatan aplikasi web : untuk sisi dalam pembuatab web ini ada dua sisi yaitu sisi client yang meliputi bahasa Html, Css, Javascript  dan sisi server meliputi bahasa Php, Jsp, Asp, dll.

Pembuatan Aplikasi Disisi Client (client side):

Secara umum, suatu client adalah satu aplikasi komputer, seperti web browser yang berjalan pada satu komputer lokal dari pengguna atau workstation, dan terhubung ke suatu server.

Client-side programming adalah program komputer pada web yang dijalankan pada sisi client, oleh web browser. Hal ini berlawanan arti dengan Server-side scripting.

Operasi dapat dilakukan oleh client-side karena operasi tersebut membutuhkan akses ke informasi atau fungsi yang tersedia pada client tetapi tidak pada server, karena pengguna membutuhkan observasi terhadap operasi tersebut atau menyediakan input, atau server kekurangan kekuatan pememrosesan untuk melakukan operasi yang tepat waktu untuk seluruh client yang harus dilayaninya. 

Sebagai tambahan, jika operasi dapat dilakukan oleh client tanpa mengirim data melalui jaringan, maka hal itu memakan waktu lebih sedikit, menggunakan lebih kecil bandwidth dan mengurangi resiko keamanan.

Client-side Script seringkali dimasukkan (embedded) di dalam dokumen HTML, tetapi dapat juga berada di dalam file terpisah, yang direferensikan oleh dokumen yang menggunakannya. 

Atas sebuah request, file yang diperlukan dikirimkan oleh web server  kepada komputer user. 

Web browser milik user melakukan eksekusi terhadap Script, lalu menampilkan dokumen, termasuk output yang dapat terlihat dari Script. 

Client-side Script juga dapat berisikan perintah yang harus diikuti oleh web browser jika user berinteraksi dengan dokumen dengan cara tertentu, contohnya klik sebuah tombol.

Pembuatan Aplikasi Disisi Server (server side):

Terminologi Server-side memiliki arti operasi yang dilakukan oleh server didalam sebuah client-server relationship. 

Umumnya, sebuah server adalah program, seperti web server, yang berada pada sebuah remote server, yang dapat dijangkau oleh komputer lokal milik user. Operasi dilakukan pada sisi Server, karena memerlukan akses atas informasi atau fungsi yang tidak tersedia pada client, atau pada aplikasi yang tidak dapat dilakukan pada Client-side. 

Operasi Server-side juga meliputi proses dan penyimpanan data dari client ke suatu server, yang dapat dilihat oleh sekelompok Client. 

Server-side Scripting adalah teknologi Web Server dimana request oleh user dipenuhi dengan cara menjalankan script langsung pada web server untuk menghasilkan halaman HTML dinamis. 

Umunya menyediakan website interaktif pada database dan penyimpanan data lainnya. 

Keuntungan utama dari Server-side Script adalah kemampuan untuk mengatur response berdasarkan keperluan user, hak akses, atau query ke dalam data store. 

Semoga yang saya sampaikan mudah dimengerti dan mengerti kerja server side dan client side. 



CGI (Common Gateway Interface)
Selanjutnya tadi saya sempat menulis CGI di bagian atas, maka dari itu supaya tidak bingun saya jeaskan sediki tentang CGI. CGI (Common Gateway Interface) adalah suatu standar untuk menghubungkan berbagai program aplikasi ke halaman web.

CGI mirip sebuah program komputer yang menjadi perantara antara standar HTML yang menjadikan tampilan web dengan program lain, seperti database. 

Hasil yang diperoleh dari proses pencarian dikirimkan kembali ke halaman web untuk ditampilkan dalam format HTML. Jadi kerjanya ya menerjemahkan dokumen web dan jika dokumen yang diminta berupa file, maka webserver menjalankan file tersebut dangan bantuan sistem operasi. 

Setelah itu infomasi yang diberikan oleh webserver kepada program adalah .
  • Server variable : informasi yang ada pada HTTP request, nama dan path file, kapabilitas web.
  • Environment variable : informasi yang telah diset di lingkungan sistem informasi.
  • Cookie : isi cookie yang disimpan web browser.
  • Request parameter : inputan user

Selanjutnya output program dikirim sebagai HTTP response.

Dari sebagian uraian di atas harapannya sobat bisa lebih mengetahui cara kerjanya sebelum langsung terjun kekoda kode program. 

dengan sudah mempunyai gambaran, sobat akan lebih semangat dan tidak sekedar tau mengetik program tp tau bagaimana kode program di eksekusi. 

Demikian dulu untuk perkenalan dasar dalam pemrograman berbasis web untuk pemula

Semoga apa yang saya paparkan ini bermanfaat. 

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait Lainnya:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser